Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Dapat Keuntungan Bangun Rumah Tapera? Ini Syaratnya

Kompas.com - 17/05/2023, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sederet keuntungan diberikan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) untuk para pengembang yang ingin membangun Rumah Tapera.

Akan tetapi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar keuntungan tersebut bisa didapatkan oleh mereka.

Persyaratan tersebut dimana pengembang yang akan membangun Rumah Tapera telah membangun rumah subsidi selama 3 tahun terakhir minimal 500 unit.

Kedua, pernah menerima fasilitas pembiayaan perumahan dari bank minimal Rp10 miliar dengan kualitas lancar.

Ketiga, tidak masuk dalam perusahaan yang menjadi temuan dari pihak eksternal, serta memiliki rencana pembangunan rumah subsidi minimal 100 unit.

Sedangkan bagi pengembang baru, cukup dengan mengajukan proposal proyek penyediaan Rumah Tapera.

“Kami menunggu respon dari Asosiasi Perumahan setelah diskusi ini. Sehingga, kami harapkan ke depan ada kesepakatan antara BP Tapera dan Asosiasi Pengembang Perumahan mengenai hal ini,” ujar Direktur Pembiayaan Perumahan BP Tapera Hari Sundjojo dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/5/2023).

Baca juga: Kabar Gembira, Pengembang yang Perhatikan Kualitas Rumah Tapera Dapat Insentif

Adapun keuntungan yang didapatkan pengembang yang membangun Rumah Tapera sebagai berikut:

Akses informasi ke data demand (permintaan) yang terdiri dari lokasi kebutuhan, profiling (profil) dan preferensi rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Pengembang akan mendapatkan akses ke modal kerja yang bersumber dari dana yang dikelola oleh BP Tapera. Modal kerja yang akan diperoleh dari bank dan sumber dananya dapat berasal dari penempatan dalam bentuk Kontrak Investasi Kolektif (KIK) tanah untuk pengadaan tanah.

Konstruksi untuk pembangunan unit rumah dan berkesempatan untuk mengakses Kredit Pemilikan Rumah (KPR) belum siap huni yang sedang disiapkan oleh BP Tapera saat ini.

“Selain benefit di atas, kami juga akan memberikan privileges (keistimewaan) kepada pengembang yang membangun Rumah Tapera dengan pencantuman (flagging) pada aplikasi Si Kumbang, Si Kasep dan Tapera Mobile," ucapnya.

Akses permintaan, rating kualitas bangunan, juga kegiatan pemasaran bersama dengan corporate identity (CI) dan branding difasilitasi oleh BP Tapera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com