Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KKP Bangun 2 Kapal Pengawas Perikanan, Perkuat Laut Natuna Utara

Kompas.com - 12/05/2023, 19:00 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono kembali menyambangi Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kedatangan Trenggono ke Batam, selain untuk membuka Rakernis Dirjen PRL KKP RI, juga meninjau langsung progres pembangunan Kapal Pengawas Perikanan di yang berada di kawasan Tanjung Uncang, Batam.

“Peninjauan dimaksudkan untuk memantau langsung progres pembangunan dua kapal pengawas perikanan kelas II yang sedang dibangun, karena diharapkan kapal tersebut akan selesai dan dapat beroperasi dalam waktu dekat ini,” kata Trenggono, Kamis (11/5/2023).

Baca juga: Mudik Gratis Naik Kapal Laut Sukses, 2.560 Unit Sepeda Motor Terangkut

“Sekaligus saya ingin memastikan kesiapan penerapan Ekonomi Biru di Kepri,” tambah Trenggono.

Kedua kapal ini diproyeksikan untuk memperkuat armada pengawasan perikanan di Laut Natuna Utara, yakni Zona I.

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) KKP RI Laksda TNI Dr Adin Nurawaluddin menambahkan, pengerjaan dua unit Kapal Pengawas Perikanan ini berjalan dengan lancar.

“Jika sudah selesai akan langsung dilakukan uji coba agar penambahan armada dapat langsung memperkuat keamanan kelayakan perikanan di Kepri,” terang Adin.

Sebagai informasi, pada Tahun Anggaran 2022-2023, telah dianggarkan Pembangunan dua unit Kapal Pengawas Perikanan yang pekerjaannya dilaksanakan di Kawasan Shipyard Tanjung Uncang, Batam.

Saat ini pembangunannya sudah hampir rampung dan dipastikan dalam waktu dekat ini sudah bisa diujicobakan kegunaannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com