Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Ruas Jalan Lampung Diperbaiki Bulan Depan, Salah Satunya Akses Tol

Kompas.com - 09/05/2023, 10:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memulai perbaikan 15 ruas jalan rusak di Provinsi Lampung pada bulan Juni 2023 mendatang.

"Kita akan segera laksanakan perintah Bapak Presiden dengan memulai tender pekerjaan pada bulan Mei 2023 ini, sehingga Juni sudah bisa mulai diperbaiki kondisi jalannya," tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti dikutip dari laman resmi Kementerian PUPR, Selasa (9/5/2023).

Salah satu ruas jalan yang akan diperbaiki Pemerintah Pusat adalah Ruas Jalan Simpang Korpri-Purwotani atau jalan akses Tol Itera/Kotabaru sepanjang 14,5 kilometer.

Kemudian ada Ruas Jalan Kota Gajah-Simpang Randu sepanjang 29 kilometer yang merupakan penghubung Lintas Tengah dan Lintas Timur Trans-Sumatra di Provinsi Lampung.

Ruas Jalan Kota Gajah-Simpang Randu tersebut mendukung kawasan pertanian dan tambak udang.

Perbaikan jalan daerah itu sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

"Jadi nanti melalui Inpres Jalan Daerah, jalan-jalan daerah yang rusak akan diperbaiki melalui bantuan dari pusat," imbuh Menteri Basuki.

Baca juga: Perbaikan Jalan Rusak di Lampung Jadi Momentum Berantas ODOL

Ruas jalan daerah yang akan ditangani menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ditentukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), terutama jalan penghubung kawasan produksi dan industri.

Presiden Jokowi juga sempat menuturkan bahwa pada tahun ini Pemerintah Pusat akan secara khusus mengucurkan anggaran sebesar kurang lebih Rp 800 miliar untuk perbaikan 15 ruas jalan di Provinsi Lampung.

Menurut data tahun 2022, Provinsi Lampung memiliki 99 ruas jalan provinsi sepanjang 1.693 kilometer dengan kondisi mantap 77 persen, serta 6.591 ruas jalan kabupaten sepanjang 17.774 kilometer dengan kondisi mantap 50 persen.

Sementara jalan nasional di Lampung sepanjang 1.298 kilometer dengan kemantapan 95 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com