Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Tujuh Tahun, Pemerintah Bangun 56.639 Unit Rusun, Ini Tiga Provinsi Terbanyak

Kompas.com - 08/05/2023, 21:27 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian PUPR selalu memiliki agenda pembangunan rumah susun (rusun) setiap tahunnya.

Pembangunan hunian vertikal menjadi solusi atas perkembangan penduduk yang cepat, khususnya di wilayah perkotaan dan ketersediaan lahan untuk perumahan tapak yang semakin terbatas.

Rusun yang dibangun pun tidak hanya untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), tetapi juga asrama bagi mahasiswa, santri di pondok pesantren, termasuk untuk ASN, TNI, dan Polri.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pernah menyampaikan, pembangunan rusun baru merupakan bukti nyata bahwa pemerintah hadir dalam penyediaan hunian yang layak.

"Kami berharap dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima bantuan dengan memiliki rumah yang lebih layak, sehat dan nyaman," ujarnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: Totalnya 5.379 Unit, Ini Rusun yang Akan Dibangun Tahun 2023

Sejak tahun 2015 hingga 2021, Kementerian PUPR tercatat telah membangun 56.639 unit rusun di berbagai wilayah Indonesia.

Jumlah tersebut sebagaimana dikutip dari situs Open Data Kementerian PUPR.

Dari jumlah itu, terdapat pula tiga provinsi yang memiliki jumlah unit rusun terbangun paling banyak. Berikut daftarnya:

  • DKI Jakarta 12.134 unit;
  • Jawa Tengah 5.498 unit;
  • Jawa Timur 5.186 unit.

Sementara, tiga provinsi yang memiliki jumlah unit rusun terbangun paling sedikit ialah:

  • Kepulauan Bangka Belitung 236 unit;
  • Bengkulu 242 unit;
  • Kalimantan Utara 266 unit.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com