Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian PUPR Sediakan 9.008 Toilet Gratis di Rest Area

Kompas.com - 21/04/2023, 11:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.co, - Mudik Lebaran merupakan tradisi tahunan yang kerap dilakoni oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Karena biasanya mendapat jatah libur yang cukup panjang, kesempatan ini dimanfaatkan untuk pulang ke kampung halaman dan bertemu dengan keluarga.

Bagi Anda yang melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil dan melewati jalan tol, pemerintah telah menyediakan rest area lengkap dengan berbagai fasilitas pendukungnya.

Baca juga: Toilet di Rest Area Tol Wajib Gratis, Laporkan kalau Ada yang Bertarif!

Toilet menjadi salah satu fasilitas rest area di jalan tol yang sangat dibutuhkan oleh pemudik terutama usai berkendara jauh.

Untuk itu, Kementerian PUPR telah menambah ketersediaan toilet agar tidak terjadi antrian yang berkepanjangan. 

 

Pada Mudik Lebaran 2023, Kementerian PUPR menyediakan 9.008 toilet di seluruh rest area yang ada di jalan tol. Jumlah ini meningkat sebanyak 2.833 toilet dari 6.175 toilet di tahun 2022.

Seperti dikutip dari laman Instagram resminya, Kementerian PUPR menyampaikan bahwa pengelola rest area tidak akan mengenakan biaya bagi pengguna toilet, alias gratis.

Baca juga: Jika Anda Lelah, Ada Hotel di Rest Area Tol Trans-Jawa, Cek di Sini

Meskipun bisa beristirahat di rest area, para pemudik diimbau untuk ada di sana dalam kurun waktu maksimal 30 menit saja.

Hal ini dimaksudkan agar fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan juga oleh pemudik lainnya dan tidak terjadi penumpukan kendaraan yang justru memicu kemacetan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com