Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola Bandara Hang Nadim Imbau Pemudik Datang Lebih Awal Hindari Kepadatan

Kompas.com - 19/04/2023, 19:30 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – PT Bandara Internasional Batam (BIB), pengelola Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) mengimbau seluruh pemudik maskapai penerbangan untuk tetap waspada dalam menghadapi puncak arus mudik lebaran 2023.

Direktur PT BIB Pikri Ilham Kurniansyah mengingatkan seluruh pemudik untuk datang lebih awal sebelum jadwal keberangkatan.

"Pastikan jadwal perjalanan dengan baik. Datang dua jam sebelum keberangkatan," kata Pikri ditemui di Bandara Hang Nadim, Rabu (19/4/2023).

Ia mengatakan, seluruh pemudik dapat melakukan web check-in atau mobile check-in melalui situs resmi maskapai terlebih dulu guna menghemat waktu. Apalagi untuk mereka yang hanya membawa bagasi kabin.

"Kalau bisa, jangan membawa barang terlalu banyak dan terlalu besar. Siapkan dokumen yang diperlukan agar tak ada kendala selama di bandara," terang Pikri.

Baca juga: Disiapkan Jadi Premium, Seperti Apa Profil Bandara Kertajati?

Selama menghadapi puncak arus mudik lebaran 2023, PT BIB juga bakal memperketat keamanan serta memaksimalkan pelayanan terhadap pengguna jasa angkutan udara.

Bahkan, pihaknya juga telah mendirikan pos koordinasi (posko) di kawasan bandara yang melibatkan beberapa instansi terkait.

PT BIB juga berkoordinasi dengan seluruh maskapai (perusahaan penerbangan) untuk mempersiapkan semua peralatan ataupun infrastruktur pendukung kesiapan operasi serta layanan.

"Kami juga mengimbau agar pihak airline untuk mempersiapkan pesawat serta SDM dalam mendukung sistem kelancaran operasional dan layanan," papar Pikri.

Lebih jauh Pikri mengatakan, sepanjang tahun 2023, arus penumpang pesawat di Bandara Internasional Hang Nadim Batam naik drastis.

PT BIB mencatat, kenaikan volume penumpang pada tahun 2023 mencapai 47 persen.

Persentase tersebut menjadi sinyal positif arus lalu lintas angkutan udara di Batam dibandingkan tahun sebelumnya.

Volume penumpang tahun 2023 sebanyak 13.294 orang. Jumlah ini naik 32,8 persen dibandingkan tahun 2022 lalu yang mencatatkan 10.013 penumpang.

"Ini merupakan kabar bahagia karena setiap harinya volume penumpang stabil di angka 13.000-14.000-an penumpang," tambah Pikri.

Tahun 2023, PT BIB mencatat sebanyak 90 penerbangan per harinya. Jumlah ini naik 21,6 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya mencatatkan sekitar 74 penerbangan setiap harinya.

"Semoga peningkatan ini dapat membawa pengaruh baik terhadap pertumbuhan ekonomi Batam," pungkas Pikri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com