Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Kepadatan Lalin Mudik di Tol Trans Jawa, "One Way" Diberlakukan

Kompas.com - 18/04/2023, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Atas diskresi Kepolisian, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendukung pemberlakuan rekayasa lalu lintas (lalin) One Way dari KM 72 Cikampek (Jalan Tol Cipali) sampai dengan KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

Rekayasa ini mulai berlaku pada Selasa (18/04/2023), sejak pukul 14.50 WIB. Pemberlakuan ini diputuskan dengan memastikan lajur sebaliknya (arah barat) telah steril.

Baca juga: Tolak One Way dan Contraflow Situasional, KNKT Punya Alasan

Ini dimaksudkan agar tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan menuju arah barat Jalan Tol Trans Jawa dari Semarang sampai dengan Cikampek.

Dengan diberlakukannya One Way dari KM 72 Cikampek, pengguna jalan dari arah Cikampek yang menuju Jakarta masih bisa mengakses GT Cikampek Utama untuk menuju arah Jakarta.

Hingga saat ini, Jalan Tol Jakarta-Cikampek maupun Jalan Layang MBZ yang menuju arah timur atau ke arah Jalan Tol Trans Jawa masih terpantau ramai lancar.

Bagi pengguna jalan yang melalui One Way, pihak Kepolisian mengimbau masyarakat untuk memastikan kondisi kendaraan dan pengemudi dalam kondisi prima.

Pengguna jalan juga dilarang berhenti di bahu jalan kecuali dalam kondisi darurat, dilarang untuk pindah jalur, dilarang pindah lajur secara tiba-tiba, selalu mematuhi batas kecepatan, patuhi rambu-rambu lalu lintas dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

Sebagai catatan, pengguna jalur One Way hanya untuk tujuan ke Semarang. Demi kenyamanan, para pengguna jalur One Way dapat menggunakan rest area pada jalur kanan (arah sebaliknya).

Saat ini GT Cikampek Utama beroperasi optimal dengan 20 gardu tol operasi serta penyiagaan 14 unit mobile reader untuk melayani transaksi ke arah timur (Trans Jawa).

Baca juga: Mengenal Jalur Darurat di Jalan Tol

Hal ini disiapkan untuk mengantisipasi jam favorit pengguna jalan untuk melakukan perjalanan mudik, yaitu setelah berbuka puasa, yang berpotensi menimbulkan kepadatan.

Untuk memperbarui informasi perjalanan secara berkala, segera unduh aplikasi Travoy. Lewat aplikasi ini Anda bisa mendapatkan informasi lalu lintas terkini.

Informasi lalu lintas terkini juga bisa didapatkan melalui One Call Center Jasa Marga di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA, aplikasi Travoy dan media sosial resmi Jasa Marga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com