Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Jitu Mudik Lebaran Bersama Anak Balita

Kompas.com - 19/04/2023, 12:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Sebanyak 123,8 juta orang diprediksi akan melakukan perjalanan mudik Lebaran pada tahun 2023.

Pengguna mobil pribadi akan mendominasi pemudik dengan perkiraan jumlahnya mencapai 27,32 juta orang dengan jalan tol menjadi rute favorit.

Sebelum melakukan perjalanan mudik, sejumlah persiapan harus dilakukan agar lancar dan selamat sampai tujuan hingga kembali ke rumah.

Perjalanan menjadi lebih menantang ketika anggota keluarga yang masih anak-anak atau bawah lima tahun (balita) ikut mudik.

Terkait hal ini, Tim Merapah Trans-Jawa Lintas Selatan Kompas.com bertemu dengan pemudik bernama Zaima di Resta Pendopo Km 456 Tol Semarang-Solo.

Zaima membagikan pengalaman perjalanan mudiknya bersama suami dan dua berusia 5 tahun dan 2 tahun.

Perjalanan mudik yang harus dilalui Zaima dan keluarga terbilang cukup panjang, yakni dari Bandung di Jawa Barat menuju Jember di Jawa Timur.

Menurut Zaima, pemudik perlu membawa makanan dan mainan anak agar mereka tetap merasa nyaman dan tidak rewel selama perjalanan.

Baca juga: 503 Posko Lebaran Siap Sambut Pemudik di Jalur Pansela

Selain itu, orang tua juga harus membawa obat-obatan seperti minyak angin agar anak tidak kedinginan karena terkena ac mobil dalam jangka waktu lama.

Yang terpenting, pemudik yang membawa anak balita perlu menyiapkan baju ganti selama perjalanan.

"Bawa baju lebih, jadi bajunya jangan yang di koper aja, ada baju ganti sendiri buat diperjalanan supaya tetep nyaman diperjalan," kata Zaima kepada Kompas.com pada Selasa (18/4/2023).

Sementara tips perjalanan untuk orang tua adalah menyempatkan diri untuk mampir di rest area pada waktu salat sekalian untuk istirahat.

"Biasanya salatnya dijamak, sekarang enggak usah dijamak jadi setiap waktu salat berhenti aja, buat ke toilet dan istirahat," tambah Zaima.

Dirinya dan suami juga berencana untuk bergantian mengemudi apabila dibutuhkan. Namun saat ini keduanya hanya berbagi tugas, Zaima menjaga anak-anak dan suami mengemudikan mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com