Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

503 Posko Lebaran Siap Sambut Pemudik di Jalur Pansela

Kompas.com - 18/04/2023, 08:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Sebanyak 503 Posko Mudik Sapta Taruna oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap menyambut pemudik di Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa.

Setiap masing-masing posko dilengkapi dengan petugas jaga dan peralatan tanggap darurat, seperti dump truk 3 unit, pick up 1 unit, stamper 1 unit, jack hammer 1 unit, dan backhoe loader 1 unit.

Lokasi Posko Mudik Lebaran Kementerian PUPR berada di Jalan Raya Cijulang-Green Canyon ruas Jalan Cimerak-Batas Kota Pangandaran yang masuk dalam kawasan Pansela wilayah Jawa Barat.

Kemudian ada di Jalan Daendels, Sawah, Depokrejo, Kabupaten Purworejo yang masuk dalam Pansela wilayah Jawa Tengah.

Lalu ada Ruas Tepus-Jerukwudel Kabupaten Gunungkidul yang masuk dalam Pansela Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Posko tersebut akan menyediakan informasi tentang Pansela dan fasilitas untuk istirahat seperti toilet serta musala. Posko ini juga untuk mengantisipasi jika ada kejadian bencana.

Secara umum jalur Pansela membentang dari Porvinsi Banten hingga Jawa Timur. Di Provinsi Banten, ruas Pansela membentang dari Simpang Labuhan-Batas Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,5 kilometer.

Selanjutnya Provinsi Jawa Barat dengan ruas dari Batas Provinsi Banten-Sindang Barang hingga Batas Provinsi Jawa Tengah sepanjang 417,1 kilometer.

Baca juga: Menikmati Semilir Angin Pansela di Rest Area Girisubo Swanayasa

Jalan Lintas Pansela di Provinsi Jawa Tengah dengan ruas mulai Batas Provinsi Jawa Barat-Congot-Duwet hingga Glonggong sepanjang 212,5 kilometer.

Di Provinsi DIY dengan ruas Karang Nongko-Legundi hingga Duwet sepanjang 120,8 kilometer.

Terakhir, di Provinsi Jawa Timur dengan ruas Panggul-Sendangbiru-Jarit-Puger hingga Glenmore sepanjang 627,6 kilometer.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono turut mengajak masyarakat memanfaatkan Jalan Pansela.

"Pemandangannya indah dan Instagrammable, bagi yang lewat jalur ini mudah-mudahan liburan Lebaran menjadi memorable dengan keluarga," kata Basuki dalam keterangan resminya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com