Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuasai Pasar Dunia, Cladtek Kembangkan Pipa Unggulan TKDN Tinggi

Kompas.com - 19/04/2023, 06:00 WIB
Hadi Maulana,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Di tengah semangat Pemerintah memacu industrialisasi dalam negeri, PT Cladtek Bi-Metal Manufacturing terus berinovasi dalam perkembangan pipa dan pembuatan aksesori pipa untuk minyak dan gas.

Salah satu inovasi teknologi yang dikembangkan Cladtek saat ini adalah penambahan weld overlay di kedua ujung mechanically lined pipe (MLP).

“Ini merupakan terobosan baru pelapisan dalam pipa di dunia mechanically lined pipe oleh Cladtek yang telah diadopsi oleh industri CRA umum,” Senior Vice President People & Culture Cladtek Group Iban Salda Safwan ditemui di Iban Salda Safwan, Senin (17/4/2023).

Iban mengeklaim, inovasi ini menjadi daya saing Cladtek sejak beroperasi tahun 2003. Teknologi MLP menggunakan material carbon steel untuk bagian pipa luar dan digabungkan dengan CRA Liner yang berbahan stainless steel atau nickel alloy.

Baca juga: Layanan Air Pipa Indonesia Cuma 21,69 Persen, Kalah Telak dari Malaysia dan Singapura

Dengan demikian pipa yang dihasilkan merupakan pipa anti korosi yang berkualitas tinggi dan tahan lama, sebab proses ini memastikan bahwa CRA liner terpasang dengan kuat ke pipa.

"Selain itu juga mencegah pemisahan selama penggunaan dengan proses weld overlay pada ujung pipa agar CRA liner terpasang dengan kuat, dan memudahkan proses instalasi di lapangan,” ungkap Iban.

Menurutnya, teknologi ini merupakan terobosan yang dibangun oleh anak bangsa untuk dunia.

“Dalam 10 tahun terakhir, teknologi ini telah diekspor ke fasilitas Cladtek di Brasil dan Arab Saudi. Teknologi MLP Cladtek telah terkenal sebagai produk yang andal dan berkualitas tinggi di pasar internasional,” ujar Iban.

Ia percaya, potensi teknologi MLP ini dapat merevolusi pasar Indonesia dan berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan industri dalam negeri Indonesia.

Country Sales Manager PT Cladtek Bi-Metal Manufacturing Alvin Pangemanan mengatakan, saat ini Cladtek adalah pemasok terbesar dan memiliki kapasitas manufaktur di dunia untuk weld overlay.

Bahkan Cladtek memegang pasar terbesar yaitu sekitar 17 persen, bersaing dengan banyak pemain lainnya. Kapasitas untuk manufaktur untuk jenis ini juga merupakan yang terbesar dikelasnya.

“Cladtek merupakan satu-satunya pemain MLP di Indonesia dan bahkan menjadi satu di antara empat pemain di dunia. Kami memegang market share terbesar ke-2 di dunia yaitu sebesar 30 persen untuk jenis ini berdasarkan market research oleh Rystad per Juli 2022,” terang Alvin.

Bahkan sesuai dengan anjuran dan dukungan Pemerintah Indonesia, Cladtek juga berkomitmen untuk terus meningkatkan sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dari waktu ke waktu.

“Sekarang ini nilai TKDN yang dicapai oleh Cladtek sekitar 13 persen hingga sekitar 50 persen tergantung jenis produknya. Bahkan salah satu produknya mencapai nilai TKDN paling tinggi, yakni sebesar 53 persen,” papar Alvin.

Bagi Cladtek, perjuangan meningkatkan komponen dalam negeri belum selesai. Pihaknya akan terus mencari peluang-peluang yang memungkinkan, seperti bahan dasar produk CRA yang menjadi produk unggulannya masih belum ada di Indonesia, sehingga membuat Cladtek terpaksa untuk melakukan impor.

“Teknologi MLP Cladtek adalah game changer untuk pasar CRA domestik dan ekspor Indonesia. Teknologi ini lebih unggul daripada pipa sejenis salah satunya Hot Roll Bonded (HRB) dalam banyak aspek dan telah membangun reputasi sebagai produk yang andal dan berkualitas tinggi di pasar internasional,” tambah Iban.

Sebagai perusahaan multinasional yang sudah 20 tahun menggeluti dunia perpipaan dan komponen aksesorinya, Cladtek akan terus mengembangkan produk-produk pipa unggulan sehingga menjadi yang terbaik dan terbaru di bidangnya.

Cladtek sendiri merupakan produsen dan sekaligus pemasok Corrosion-Resistant Alloy (CRA) dengan tipe Mechanically Lined Pipe (MLP) dan Weld Overlay (WOL), yang diaplikasikan khusus untuk fasilitas industri minyak, gas bumi, dan energi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com