Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raup Kontrak Rp 1,17 Triliun, PP Resmi Bangun Proyek Pipa Gas Bumi Cirebon-Semarang

Kompas.com - 09/08/2022, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PP (Persero) Tbk resmi memulai pembangunan proyek Pipa Transmisi Gas Bumi Cirebon-Semarang (Cisem) Tahap I dengan nilai kontrak sebesar Rp 1,17 triliun.

Tahap pertama, perseroan telah melaksanakan pengelasan pertama (first welding) pipa tersebut di ruas Semarang-Batang, tepatnya di Jalan Yos Sudarso, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Proyek Pipa Transimisi Gas Bumi Cirebon-Semarang Tahap I untuk ruas Semarang-Batang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Ini sekaligus merupakan bagian dari rencana interkoneksi pipa transmisi antara jaringan pipa transmisi Sumatera, Jawa bagian Barat dengan jaringan pipa transmisi Jawa bagian Timur.

Interkoneksi pipa ini memperkuat rantai suplai pasokan gas bumi dan dapat diakses masyarakat dengan harga terjangkau secara berkelanjutan.

Terutama, bagi kebutuhan sektor industri eksisting di sepanjang jalur pipa dan kawasan-kawasan industri yang akan segera beroperasi di beberapa wilayah.

Baca juga: Pemasangan Jaringan Pipa Transmisi di Pulau Galang Rampung

Contohnya, Kawasan Industri Terpadu Batang (KIT Batang), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, dan Kawasan Industri Wijayakusuma Semarang di Jawa Tengah, serta kawasan industri lainnya yang sedang dalam proses perencanaan oleh Pemerintah.

Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Noor Arifin Muhammad mengutarakan hal ini dalam rilis, Senin (8/8/2022).

"Ketersediaan pipa transmisi ruas Cirebon-Semarang diharapkan juga dapat menumbuhkan
perekonomian sektor lainnya yaitu sektor rumah tangga, komersil dan transportasi melalui jaringan distribusi gas bumi," jelas Noor.

Noor mengungkapkan, pembangunan proyek ini dilaksanakan dengan skema multi-years contract (MYC) atau skema tahun jamak Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran (TA) 2022-2023.

Bersama dengan Elnusa, lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh PP selaku kontraktor pelaksana yaitu pembangunan jalur pipa gas 20 sepanjang kurang lebih 60 kilometer dari Stasiun Semarang ke Stasiun Batang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com