Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembus 80 Persen, Proyek Pipa Cilacap-Bandung Beres Dibangun 2023

Kompas.com - 28/12/2022, 06:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) terus mempercepat penyelesaian proyek pengembangan pipa Cilacap-Bandung (CB) III milik PT Pertamina (Persero) yang membentang dari Lomanis, Cilacap, hingga ke Tasikmalaya, Jawa Barat.

Sampai akhir November 2022, perkembangan proyek ini telah mencapai 80 persen dengan target penyelesaian pada pertengahan tahun 2023.

Rangkaian paket pekerjaan pemasangan pipa CB III memiliki peran penting dalam distribusi suplai Bahan Bakar Minyak (BBM). Ini meliputi Premium, Solar, Pertamax untuk 10 tahun ke depan, khususnya bagi wilayah Jawa Barat bagian selatan

Direktur Operasi II Hutama Karya Gunadi menjelaskan, progres pengerjaan pipa CB III oleh perseroan telah terpasang sepanjang 113 kilometer dengan sisa pekerjaan berupa penanaman sisa pipa, perbaikan, serta uji coba.

“Hutama Karya menargetkan proyek rampung pada pertengahan 2023. Upaya percepatan yang dilakukan salah satunya dengan menerapkan metode konstruksi khusus seperti open cut dan horizontal directional drilling (HDD)," terang Gunadi dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa (27/12/2022).

Sebab, pipa Cilacap-Bandung eksisting dinilai sudah tidak layak karena sering mengalami kebocoran di beberapa titik lokasi, serta kondisi lahan yang dilalui tidak dapat dilakukan penggalian manual.

Manfaat penggunaan metode konstruksi khusus yang diterapkan di proyek ini di antaranya dapat menghemat biaya recovery dari jalur yang dilewati, serta mampu menghindari kerusakan akibat kebocoran pipa.

Baca juga: Pemasangan Jaringan Pipa Transmisi di Pulau Galang Rampung

Selain itu, perseroan melibatkan sebanyak 133 pekerja yang terdiri dari profesional maupun pekerja lokal dalam pengerjaan proyek ini.

Desain rencana dari proyek mengembangan CB III ini menggunakan pipa dengan diameter 20 inch atau sekitar 50 cm atau berkapasitas 2 kali lebih besar.

Nantinya, Pipa CB III akan terpasang sepanjang 126,5 kilometer dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Lomanis Cilacap, Jawa Tengah hingga TBBM Tasikmalaya, Jawa Barat.

Pembangunan proyek Engineering, Procurement and Construction (EPC) ini merupakan Kerja Sama Operasi (KSO) antara Hutama Karya dan PT Timas Suplindo (Timas) yang telah dimulai sejak Desember 2018 dengan keseluruhan nilai proyek mencapai Rp 446,4 miliar.

Dengan lokasi proyek pengembangan pipa CB III yang bersinggungan erat dengan sosial masyarakat, maka diperlukan kerja sama tim dan komunikasi dengan stakeholder terkait untuk menyukseskan penyelesaian salah satu objek vital nasional dalam memenuhi kebutuhan BBM masyarakat di Jawa Barat bagian selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com