Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Lebaran, Ini Gerbang Tol di Cipularang dan Padaleunyi yang Bakal Padat Kendaraan

Kompas.com - 11/04/2023, 07:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division (JMT) memastikan kesiapan pelayanan operasi Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi jelang di mulainya periode arus mudik dan balik Lebaran, pada 17 April 2023 hingga 2 Mei 2023.

Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Widyatmiko Nursejati menyampaikan, bahwa pihaknya memprediksi peningkatan volume lalu lintas pada H-7 (15/04/2023) sampai H+7 (30/04/2023) akan terjadi di Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama (Kalitama) dan GT Cileunyi.

Untuk GT Kalitama, pada arus mudik, JMT memprediksi akan terjadi peningkatan volume kendaraan sebesar 13,11% atau meningkat sebanyak 36 ribu kendaraan dibandingkan dengan kondisi normal November 2022.

"Sedangkan pada arus balik, diprediksi terjadi peningkatan kendaraan sebesar 31%, atau sebanyak 89 ribu kendaraan jika dibandingkan dengan kondisi normal November 2022,” ujar Widyatmiko dalam rilis pers, Senin (10/04/2023).

Baca juga: Rest Area Baru di Tol Cipali Siap 17 April, Segini Kapasitasnya

Selain GT Kalitama, peningkatan juga diprediksi terjadi pada GT Cileunyi, untuk arus mudik diprediksi terjadi peningkatan sebesar 41,8% atau sebanyak 100 ribu kendaraan.

"Sementara untuk arus balik, diprediksi terjadi peningkatan sebesar 41,7% atau sebanyak 108 ribu kendaraan," tandasnya.

Sebagai upaya antisipasi lonjakan volume lalu lintas periode Lebaran, JMT terus berkoordinasi bersama dengan Kepolisian dan seluruh stakeholder terkait untuk menyiagakan rekayasa lalu lintas dan mengoptimalkan kapasitas lajur dan transaksi.

Serta, memastikan pemberlakuan rekayasa lalu lintas contraflow dan one way tersosialisasi dengan baik sehingga tidak menghambat lalu lintas pengguna jalan dari dan menuju Ruas Tol Cipularang.

Pada layanan arus mudik dan balik Lebaran 2023, JMT menyiapkan beberapa upaya peningakatan pelayanan.

Seperti optimalisasi gardu operasi, mengoperasikan 147 unit cctv, 3 unit smart cctv dan 20 unit Variable Message Sign (VMS), mengaktifkan lajur transaksi darurat, penyiapan fungsional akses KM 149A Padaleunyi dan akses KM 99 A Cipularang sesuai izin Kementerian PUPR.

Lalu, optimalisasi delapan titik tempat istirahat dan pelayanan atau rest area (KM 72A&B, KM 88A&B, KM 97B, KM 125B, KM 147A, KM 149B), serta pemberlakuan buka tutup rest area sesuai Diskresi Kepolisian.

Baca juga: 3 Ruas Jalan Tol Trans-Sumatera Bakal Fungsional, Nih Waktunya

Jasa Marga juga menyiapkan pengoperasian secara fungsional Ruas Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dengan dua opsi yaitu dari Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 Km atau Sadang-Taman Mekar sepanjang 28,5 Km.

Pemberlakuan atas jalur fungsional ini menunggu diskresi kepolisian.

Selain itu, untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, juga dilakukan pembatasan operasional kendaraan angkutan barang melalui Keputusan Bersama antara Dirjen Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalu Lintas Polri, dan Ditjen Bina Marga.

Sementara itu Corporate Communication and Community Development Group Head Lisye Octaviana menjelaskan, Jasa Marga telah menyediakan sejumlah pos pantau di beberapa titik lokasi kantor gerbang tol yang melayani lalu-lintas utama pada arus mudik dan balik Lebaran 2023.

"Yaitu Media Center Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC), Pos Pantau Cikampek Utama, Pos Pantau Kalikangkung, dan Pos Pantau Warugunung," tukas Lisye.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com