Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Fungsional, Tol Cisumdawu Bakal Dioperasikan Penuh Akhir Mei 2023

Kompas.com - 10/04/2023, 12:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dioperasikan secara penuh pada akhir Mei 2023.

Mengingat Seksi 4-6 Cimalaka-Dawuan juga akan dioperasikan secara fungsional untuk mendukung momen mudik Lebaran 2023.

Di mana ketiga ruas tersebut akan melengkapi Seksi 1-3 Cileunyi-Cimalaka yang sebelumnya telah beroperasi terlebih dulu.

"Akhir Mei 2023 paling lambat semua ruas Tol Cisumdawu sudah operasional, sekaligus untuk mendukung operasional Bandara Kertajati," ujar Basuki saat meninjau Tol Cisumdawu pada Minggu (09/04/203), dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: Fungsional Saat Mudik Lebaran, Jam Operasional Tol Cisumdawu Dibatasi

Pada kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, selesainya Jalan Tol Cisumdawu akan mendukung Bandara Kertajati yang akan mulai beroperasi secara bertahap setelah Lebaran 2023 untuk penerbangan umroh dan ibadah haji.

"Bandara Kertajati akan menjadi hub baru di Provinsi Jawa Barat," tandasnya.

Untuk diketahui, Jalan Tol Cisumdawu terdiri dari enam seksi, yakni Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan 11,45 Km, Seksi 2 Pamulihan-Sumedang 17,05 Km, dan Seksi 3 Sumedang-Cimalaka 4,05 Km.

Kemudian, Seksi 4 Cimalaka-Legok 8,2 Km, Seksi 5 Legok-Ujung Jaya 14,9 Km, dan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan termasuk Junction Dawuan 6,065 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com