Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsional Saat Mudik Lebaran, Jam Operasional Tol Cisumdawu Dibatasi

Kompas.com - 10/04/2023, 08:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka mengantisipasi lonjakan jumlah kendaraan saat masa mudik Lebaran tahun 2023, pemerintah mengoperasionalkan sejumlah ruas jalan tol.

Salah satunya adalah Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4, 5, dan 6 dari Cimalaka sampai ke Dawuan.

Namun demikian, ruas tol ini hanya akan beroperasi terbatas dari siang hingga sore hari pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Sebelum Mudik Lebaran, Ketahui Komponen di Jalan Tol Selain Rest Area

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, alasan Tol Cisumdawu Seksi 4, 5, dan 6 masih beroperasi secara fungsional pada saat mudik Lebaran lantaran mempertimbangkan aspek keselamatan bagi para pemudik yang melewati jalur ini.

“Jadi kepada saudara-saudara kita yang akan mudik dari Bandung menuju ke arah Cipali melalui Tol Cisumdawu, atas izin dari Menteri PUPR, hanya dapat dioperasikan dari siang hari hingga sore pukul 15.00 WIB,” papar Menhub.

 

Saat ini ,Tol Cisumdawu Seksi 1, 2, dan 3 telah beroperasi normal dengan lebar 4 lajur. Sedangkan Seksi 4, 5, dan 6 baru akan dibuka secara fungsional. Dengan demikian, jalur Tol Cisumdawu sudah memiliki panjang total sekitar 65 km.

Baca juga: Sebelum 15 April, Penanganan Longsor di Tol Cisumdawu Dipastikan Beres

Kehadiran tol ini akan mempermudah akses masyarakat dari Bandung dan sekitarnya menuju ke Bandara Kertajati atau sebaliknya, dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 (satu) jam saja.

Dengan begitu, pemudik dari selatan yang ingin ke utara Jawa Barat tidak perlu melalui Cikampek sehingga bisa mengurai kemacetan yang kerap terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com