Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Contraflow" di Tol Indralaya-Prabumulih 15 April Mendatang, Catat Titiknya

Kompas.com - 10/04/2023, 13:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) akan memberlakukan skema contraflow (lawan arus) di KM 66-KM 73 Jalan Tol Indralaya-Prabumulih saat nantinya dioperasikan secara fungsional untuk menyambut mudik Lebaran 2023.

Menurut Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro, pengoperasian fungsional Tol Indralaya-Prabumulih akan dilaksanakan mulai 15 April 2023-30 April 2023.

“Rencananya untuk ruas-ruas tersebut ditargetkan akan dioperasikan secara fungsional mulai
tanggal 15 April hingga 30 April 2023," jelas Koentjoro dalam rilis, Minggu (9/4/2023).

Tidak hanya Tol Indralaya-Prabumulih, perseroan juga akan mengoperasikan dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) lainnya.

Mulai dari Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 5 dan 6 (Blang Bintang-Baitussalam) sepanjang 13 kilometer, dan Binjai-Pangkalan Brandan Seksi 2 (Stabat-Kuala Bingai) sepanjang 7,9 kilometer.

Baca juga: BERITA FOTO: Progres Tol Indralaya-Prabumulih, Dibuka Fungsional Saat Mudik Lebaran 2023

"Namun, saat ini kami masih menyiapkan segala fasilitas dan pelayanannya agar dapat sesuai dengan standar yang berlaku," tambah Koentjoro. 

Sebagai informasi, dalam kurun 4 tahun atau periode 2019-2023, panjang JTTS telah bertambah hingga 268 kilometer.

Koentjoro mengatakan, pada musim mudik tahun 2019 atau sebelum Pandemi Covid-19, JTTS yang beroperasi baru mencapai 329 kilometer.

Kini, panjang JTTS telah mencapai 597 kilometer atau bertambah 268 kilometer dalam kurun empat tahun.

Baca juga: Mudik Lebaran, Rest Area Tol Indralaya-Prabumulih Mulai Berfungsi

Tersedianya jaringa jalan tersebut diprediksi akan meningkatkan  minat pemudik dari tahun ke tahun sehingga berpotensi menyebabkan lonjakan lalu lintas (lalin).

Karena itu, masyarakat diimbau selalu memastikan kecukupan saldo sebelum memulai perjalanan agar tidak menyebabkan antrean di gerbang tol (GT).

Kemudian, pemudik juga harus memastikan fisik dalam kondisi prima sebelum mengemudi. Jika merasa mengantuk/lelah segera beristirahat di rest area yang telah disediakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com