Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Papua Youth Creative Hub Jadi Pusat Pengembangan Kreativitas Pertama di Indonesia

Kompas.com - 21/03/2023, 11:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com -Presiden Joko Widodo akhirnya meresmikan pusat pengembangan kreativitas pemuda di Papua yakni Papua Youth Creative Hub (PYCH), di Jayapura pada Selasa (21/3/2023).

Dalam sambutannya, Presiden menyampaikan ini merupakan Youth Creative Hub pertama yang ada di Indonesia.

“Papua Youth Creative Hub merupakan yang pertama ada di Indonesia. Saya minta agar dibangun juga di NTT, Papua Barat, kemudian di Maluku dan Aceh mulai tahun ini. Sehingga semuanya bisa selesai di tahun depan,” ungkap Presiden Jokowi.

Baca juga: Sudah Tahu Proyek Strategis Nasional di Papua? Cek di Sini Daftarnya

Menurut Jokowi, pembangunan PYCH merupakan tindak lanjut pertemuannya Komunitas Pemuda Papua di Istana Merdeka pada tahun 2019 lalu.

“Semuanya di sini sudah sangat bagus sekali. Saya sangat kaget bahwa semua yang ada PYCH ini sudah lengkap. Dari mulai masuk ada tempat pembuatan handphone, pembuatan laptop. Kemudian ada Podcast, ada studio musik hingga studio fotografi,” paparnya.

Selain itu, Presiden menjelaskan, PYCH juga merupakan tempat untuk memamerkan produk–produk yang ada di tanah Papua yang sudah dikemas dengan branding yang bagus.

Pada desainer pakaian etnik Papua juga menghadirkan desain dengan warna yang benar-benar berbeda.

 

“Dengan adanya PYCH ini, jangan-jangan anak-anak muda di Provinsi lain akan ketinggalan dari anak-anak muda di Papua. Diferensiasinya kelihatan sekali saya sangat kagum atas kecepatan yang terjadi di sini,” tegas Jokowi.

Ditambahkan, pembangunan PYCH dilakukan akrena pemerintah ingin memberikan kesempatan bagi anak-anak muda Papua yang memiliki kreativitas, inovasi dan keinginan besar untuk bergerak di bidang industri kreatif, fashion, hingga peternakan. 

"Saya melihat peluang di Tanah Papua masih sangat besar sekali untuk bisa anak-anak muda masuk. Dengan adanya PYCH, kita harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan kepada masyarakat Papua yang kita cintai," tandas Presiden Jokowi. 

Sesuai dengan masterplan, Papua Youth Creative Hub dibangun dalam dua lantai. Lantai pertama terdiri dari lobi, Coffee Shop Papua Blend. Kemudian coworking space, perpustakaan, galeri, minimarket UMKM store, ruang training, ruang ibadah.

Baca juga: Terinspirasi Rumah Adat Lokal, Ini Desain Atap Papua Youth Creative Hub

Sedangkan, lantai dua diperuntukan untuk convention hall, kantor sekretariat, ruang seni musik dan hiburan, ruang bahasa, ruang coding dan programming, ruang kewirausahaan dan ruang konseling di bidang kesehatan.

Kompleks Papua Youth Creative Hub juga dihadirkan gedung asrama untuk pria dan wanita, lapangan olahraga multifungsi indoor maupun outdoor serta taman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com