Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadi Tjahjanto Anggap Masyarakat Riau "Malaikat", Relakan Tanahnya demi Fasos

Kompas.com - 21/02/2023, 12:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto mengapresiasi masyarakat di Kelurahan Sungai Ambang, Kecamatan Rumbai Timur, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, karena telah merelakan tanah mereka menjadi fasilitas sosial lewat program konsolidasi tanah.

Seperti diketahui, sebanyak 47 bidang tanah di daerah tersebut mengikuti program konsolidasi tanah.

"Hari ini saya melihat banyak malaikat dari warga melaksanakan konsolitasi tanah, merelakan tanahnya dipotong untuk kegiatan fasilitas sosial, fasilitas umum, jalan," ucap Hadi dilansir dari laman Kementerian ATR/BPN, Senin (20/2/2023).

Dengan adanya program tersebut, wilayah tempat tinggal menjadi lebih baik. Dia berharap, hal ini dapat ditiru seluruh warga Pekanbaru dan bisa menular ke wilayah lain.

"Tanah dipotong supaya wilayahnya rapi, infrastrukturnya jalan, fasilitas umum ada, masif dan sebagainya, fasilitas sosial juga ada. Ini malaikatnya. Jadi saya lihat di Pekanbaru, di Riau banyak malaikat," tegasnya lagi.

Baca juga: Hadi Tjahjanto Terima Tanah dan Bangunan dari KPK, Sekian Luasnya

Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Arsyadjuliandi Rachman juga mengapresiasi Hadi yang telah berkunjung ke Riau.

"Masalah pertanahan percayakan kepada beliau untuk Riau, beliau luar biasa. Jadi kehadiran Bapak di Pekanbaru sekali lagi bisa membantu rakyat untuk kesekian kalinya. Saya sampaikan apresiasi tinggi, termasuk Ibu Kakanwil (Kepala Kantor Wilayah) beserta jajaran," papar dia.

Dalam waktu yang sama, Plt Kakanwil BPN Provinsi Riau Asnawati melaporkan, total luas lokasi konsolidasi tanah sebanyak 142,7 hektar. Sementara itu, masyarakat menyerahkan tanahnya seluas kurang lebih 69,75 hektar.

Ini digunakan untuk membangun jalan sepanjang 4,76 kilometer dengan lebar jalan ditambah saluran drainase selebar 70 meter dan jalan sirip/jalan konsolidasi selebar 8 meter.

"Pada kesempatan ini, kami menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Gubernur Riau dan seluruh kepala daerah dan seluruh pihak dalam mendukung program Kementerian ATR/BPN. Semoga sinergi Kanwil BPN Provinsi Riau dan seluruh pihak terkait akan berjalan dengan baik ke depannya," tutup Asnawati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com