Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huntap di Kawasan Tondo II Sulteng Mulai Dibangun, Kelar Akhir 2023

Kompas.com - 06/01/2023, 12:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR resmi memulai pembangunan hunian tetap (huntap) pasca-bencana di Kawasan Tondo II, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Hal itu ditandai dengan pelaksanaan groundbreaking (peletakan batu pertama) pembangunan Huntap Tondo II pada Kamis, (05/01/2023). 

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto menyampaikan, pengerjaan Huntap di Kawasan Tondo II merupakan bagian dari pembangunan tahap 2B.

"Ini paket 2B dengan di Tondo II akan dibangun 1.055 unit," ujarnya dikutip dari TribunPalu.com.

Baca juga: Sebelum Lebaran 2023, Huntap bagi Korban Gempa Cianjur Beres Dibangun

Nantinya kawasan huntap ini akan dilengkapi infrastruktur pendukung yang ditangani oleh Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

"Pengerjaan pembangunan Huntap Tondo II harus selesai tahun 2023 dan tahun 2024 sudah harus serah terima hunian tetap ini," jelas Iwan.

Mengutip informasi dari akun Instagram resmi Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, groundbreaking ini menandai dimulainya pembangunan huntap tahap 2B, 2C, 2D, dan 2E.

Untuk pembangunan tahap 2B ini akan dibangun oleh kontraktor PT Adhi Karya, totalnya sebanyak 1.321 unit yang tersebar di tiga tempat.

Baca juga: Jokowi Serahkan Huntap serta Sertifikat buat Korban Bencana NTB

Meliputi Tondo II Kota Palu sebanyak 1.055 unit, Sibalaya Selatan Kabupaten Sigi sebanyak 120 unit, dan Bangga Dusun 2 Kabupaten Sigi sebanyak 146 unit.

Sementara untuk tahap 2C sebanyak 533 unit, tahap 2D sebanyak 483 unit, tahap 2E sebanyak 533 unit, dan tahap 2F sebanyak 471 unit.

Adapun sumber pendanaaannya dari Central Sulawesi Rehabilitation and Recontruktion Project (CSRRP) dengan total keseluruhan yang akan dibangun sebanyak 4.053 unit.

 

Penulis: Moh Salam | Editor: Haqir Muhakir

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com