Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Keindahan Stadion Al Bayt, Saksi Bisu Inggris Tersingkir dari Piala Dunia 2022

Kompas.com - 11/12/2022, 16:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber FIFA

JAKARTA,KOMPAS.com - Timnas Inggris harus menelan pil pahit karena tersingkir dari ajang Piala Dunia 2022, pada Minggu (11/12/2022) dini hari.

Harry Kane dan rekan-rekannya gagal melenggang ke babak semifinal usai di kalahkan Perancis dengan skor 2:1.

Baca juga: Stadion Lusail Qatar, Potret Era Keemasan Seni Jazirah Arab

Adalah Stadion Al Bayt, stadion yang terletak di daerah Al Khor tersebut menjadi saksi bisu dari hancurnya mimpi Kane untuk membawa pulang trofi Piala Dunia.

Al Bayt Stadium di Qatar yang menjadi salah satu venue Piala Dunia 2022 Dok. https://www.qatar2022.qa/ Al Bayt Stadium di Qatar yang menjadi salah satu venue Piala Dunia 2022

Seperti dikutip dari situs remsi FIFA, nama Stadion Al Bayt berasal dari nama 'bayt al sha'ar', yang secara historis merupakan nama tenda yang yang digunakan oleh orang-orang nomaden di Qatar dan wilayah Teluk Arab.

Desainnya menghormati masa lalu dan masa kini Qatar, sambil tetap memperhatikan masa depan masyarakat.


Stadion berkapasitas 68,895 orang penonton ini juga berbentuk seperti tenda dan memiliki luas kawasan lebih besar dari 30 lapangan sepak bola.

Tak hanya menawarkan ruang hijau yang luas dengan area bermain dan tempat latihan sepakbola, di sini juga tersedia track berlari, bersepeda, menunggang kuda, dan menunggang unta.

Salah satu sudut di Stadion Al Bayt, Qatar lokasi gelaran Piala Dunia 2022 Dok. https://www.qatar2022.qa/ Salah satu sudut di Stadion Al Bayt, Qatar lokasi gelaran Piala Dunia 2022

Stadion ini diresmikan pada 30 November 2021, bertepatan dengan hari pembukaan Piala Arab FIFA 2021 Qatar.

Baca juga: Basuki: Kami Akan Desain Ulang dan Rehab Total Stadion Kanjuruhan Malang

Stadion ini memiliki empat lapangan di luar lapangan utama yang akan digunakan untuk latihan selama turnamen, enam restoran di sekitar area untuk menjamu keluarga dan anak-anak.

Stadion ini juga dilengkapi dengan 190 gerbang elektronik untuk akses keluar masuk serta 12 terowongan darurat, untuk digunakan dalam keadaan darurat.

Stadion Al Bayt, Qatar, salah satu venue Piala Dunia 2022. Stadion Al Bayt akan menjadi arena laga pembukaan Piala Dunia 2022 yang mempertemukan tuan rumah Qatar dengan wakil Amerika Selatan, Ekuador. Adapun rangkaian jadwal Piala Dunia 2022 Qatar untuk matchday pertama bakal dilangsungkan mulai Minggu (20/11/2022) hingga Jumat (25/11/2022).Dok. https://www.fifa.com/ Stadion Al Bayt, Qatar, salah satu venue Piala Dunia 2022. Stadion Al Bayt akan menjadi arena laga pembukaan Piala Dunia 2022 yang mempertemukan tuan rumah Qatar dengan wakil Amerika Selatan, Ekuador. Adapun rangkaian jadwal Piala Dunia 2022 Qatar untuk matchday pertama bakal dilangsungkan mulai Minggu (20/11/2022) hingga Jumat (25/11/2022).

Ada juga terowongan utama untuk layanan keluar masuk mekanisme logistik dan untuk pengiriman makanan ke restoran di dalam stadion

Bahan yang digunakan dalam pengerjaan stadion sebagian besar berasal dari Qatar, terutama kursi stadion yang diproduksi oleh perusahaan lokal Qatar, Coastal Trading and Engineering, serta beton pracetak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com