Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertaburan Hotel Mewah Internasional, Jakarta Masuk "Top Tier Cities" Dunia

Kompas.com - 04/12/2022, 18:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beroperasinya St Regis Jakarta pada Jumat (2/12/2022), semakin memantapkan tahbis ibu kota Indonesia sebagai salah satu yang pantas masuk dalam top tier cities dunia.

Hotel ini bukan sembarang berstatus bintang, melainkan mewah (luxury hotel). Dalam kelompok Marriott Bonvoy, baru ada lima St Regis Hotel di Asia Tenggara.

Dua di Indonesia (Bali dan Jakarta), dua di Malaysia (Kuala Lumpur dan Langkawi), dan satu di Thailand (Bangkok).

Untuk diketahui, jenama hotel mewah Marriott Bonvoy mencakup Edition, The Ritz Carlton, The Luxury Collection, St Regis, W Hotels, dan JW Marriott.

Baca juga: St Regis Jakarta Resmi Dibuka, Menambah Deretan Hotel Mewah Ibu Kota

Chief Executive Officer Leads Property Service Indonesia Hendra Hartono mengatakan, Jakarta sudah masuk kota utama dunia alias top tier cities.

"Kehadiran international chain hotel yang mewah-mewah itu salah satu pendorongnya. Jadi, Jakarta enggak kalah dari Singapura," ujar Hendra menjawab Kompas.com, Sabtu (3/12/2022).

Hotel Raffles Jakarta (http://www.rafflesjakarta.com/).http://www.rafflesjakarta.com/ Hotel Raffles Jakarta (http://www.rafflesjakarta.com/).
Menurut Hendra, Jakarta hanya belum memiliki pusat konvensi kelas dunia atau world class convention center dengan standar dan kualitas mumpuni.

Kondisi pusat konvensi yang ada seperti Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, dan Jakarta Internatonal Expo (JIEXPO) Kemayoran, masih di bawah standar internasional.

Khusus JIEXPO Kemayoran, kata Hendra, tidak terintegrasi dengan hotel mewah dan lingkungan sekitarnya tidak mendukung serta terbatasnya transportasi publik.

Selain itu, Jakarta juga masih menghadapi isu keamanan yang menjadi tantangan berat pada masa mendatang.

16 Besar

Tak hanya St Regis Jakarta yang dimiliki oleh Rajawali Property Corporation, hotel para sultan lainnya yang masuk kategori mewah dan sudah beroperasi di ibu kota Jakarta adalah Ritz Carlton Jakarta Pacific Place yang dibangun dan dimiliki oleh PT Danayasa Arthatama.

The Langham, JakartaDok. https://www.langhamhotels.com/en/the-langham/jakarta/ The Langham, Jakarta
Kemudian The Langham Jakarta milik Agung Sedayu Group, Park Hyatt (PT MNC Land Tbk), Raffles Jakarta (PT Ciputra Development Tbk), Fairmont Jakarta (PT Senayan Trikarya Sempana), dan Four Seasons (Rajawali Property Corporation). 

Dari catatan Leads Property Service Indonesia, terdapat 16 hotel mewah. Lima di antaranya menempati posisi teratas alias Top 5, dan 11 hotel lainnya berada pada peringkat di bawahnya.

Pemeringkatan ini berdasarkan layanan (service), kemewahan, kondisi fisik (termasuk kualitas material bangunan, kualitas hasil pekerjaan konstruksi, usia bangunan, desain interior dan eksterior), kelengkapan fasilitas dan amenitas, lokasi, kemudahan aksesibilitas, dan tarif kamar atau room rate.

Berikut daftar Top 5 hotel mewah:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com