Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2022, 15:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan bahwa pihaknya akan merehabilitasi sejumlah bangunan publik di Cianjur yang rusak terdampak gempa.

Hal tersebut diutarakannya saat meninjau progres penanganan pasca-bencana gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, pada Sabtu, (03/12/2022).

Menurut dia, beberapa bangunan publik, fasilitas sosial, dan fasilitas umum yang rusak berat akibat gempa bakal direhabilitasi.

"Di antaranya Gedung DPRD Kabupaten Cianjur, SMP Negeri 1 Cugenang, SMP 1 Cariu, 3 Masjid besar di Cugenang, dan perumahan Komando Distrik Militer (Kodim) Cianjur," ungkap Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Minggu (04/12/2022).

Tak hanya itu, Kementerian PUPR juga sedang melakukan penanganan dan perbaikan akses jalan yang terdampak gempa.

"Sedangkan untuk rehabilitasi jalan ditargetkan terbuka semua pada Januari 2023," katanya.

Baca juga: Bangun Huntap Bagi Korban Gempa Cianjur, Pemerintah Siapkan Lahan 32 Hektar

Adapun terkait pembangunan hunian tetap (huntap) bagi korban gempa, Kementerian PUPR pun tengah memulai pembersihan dan penyiapan lahan relokasi.

"Kami menugaskan PT. Brantas Abipraya untuk segera bekerja, lokasinya di Cilaku sekitar 2,5 hektar dan Mande sekitar 30 hektar," jelasnya.

Huntap tersebut akan dibangun menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) yang telah terbukti berhasil membuat bangunan dua sekolah di Cianjur tetap kokoh berdiri pasca-gempa melanda.

"Stok yang tersedia saat ini sekitar 2.400 unit RISHA, dan kita akan pasang seluruhnya di Cianjur dengan target tuntas sebelum Lebaran 2023," pungkas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com