Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/12/2022, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua jenis kendaraan diproyeksikan akan melintasi Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, baik pribadi, komersial, maupun berat.

Direktur PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) Dindin Solakhuddin mengatakan, mereka yang melewatinya ini berasal dari Tol Tebing Tinggi-Indrapura, Tol Indrapura-Kisaran, maupun Tol Tebing Tinggi-Pematang Siantar.

"Semua jenis kendaraan akan melalui, baik kendaraan pribadi, komersial, maupun berat pasti akan melewati ruas-ruas ini," ucap Dindin kepada Tim Merpaah Trans-Sumatera Kompas.com, Jumat (2/12/2022).

Baca juga: 4 Seksi Tol Kuala Tanjung-Parapat Beroperasi, LHR Ditargetkan Capai 18.000 Kendaraan

Sebab, kata dia, arus distribusi logistik juga berjalan. Harapannya, Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat akan melancarkan aktivitas tersebut.

"Jadi, semua jenis kendaraan akan masuk," katanya.

Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat disebut-sebut bakal menjadi scenic tollroad (jalan tol dengan pemandangan indah) pertama yang dibangun oleh Pemerintah.

Dindin mengatakan, tol tersebut juga merupakan yang pertama dan terbaik yang dimiliki oleh Hamawas.

"Di mana ruas kita itu diharapkan nanti bersinggungan langsung dengan tepi Danau Toba," terang Dindin.

Dengan demikian, konsep scenic tollroad ini harus diwujudkan oleh Hamawas selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat.

Selain berperan sebagai konektivitas andalan menuju Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, tetapi juga konsep ini merupakan keinginan Pemerintah.

Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat dirancang nantinya memiliki enam seksi dan satu junction.

Seksi 1 Tebing Tinggi-Inderapura, Seksi 2 Inderapura-Kuala Tanjung, Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan, Seksi 4 Serbelawan-Pematang Siantar, dan junction Tebing Tinggi.

Keempat seksi dan junction ini merupakan porsi dari BUJT, dalam hal ini Hamawas. Sementara dua seksi lainnya yakni Seksi 5 Pematang Siantar-Seribudolok, dan Seksi 6 Seribudolok-Parapat merupakan dukungan Pemerintah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+