Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerbang Mahligai Pesisir di Singkawang dan Sambas Diresmikan

Kompas.com - 27/11/2022, 20:37 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gerbang masuk Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas di Kalimantan Barat bernama Mahligai Pesisir diresmikan, Minggu (27/11/2022). 

Gerbang Mahligai Pesisir ini dibangun oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Singkawang dan Sambas serta didukung oleh 3 unit bisnis Astra Financial yakni FIFGROUP, Asuransi Astra, dan AstraPay.

Pembangunan gerbang dimulai pada 27 Februari 2022 dan memakan waktu pekerjaan selama sembilan bulan.

Selain menjadi pembatas kedua wilayah, Gerbang Mahligai Pesisir juga merupakan representasi keragaman budaya.

Nilai edukasi budaya dan estetika merupakan makna utama yang terlihat dari motif kain songket serta ukiran ornamen kuda laut di gerbang.

Adapun Sambas dikenal dengan produsen kain songket dengan pengrajin dan penjual songketnya yang banyak ditemui di utara Sambas, tidak jauh dari Sungai Sambas.

Baca juga: Astra Siapkan Rp 6 Triliun Bangun Proyek 50 Hektar di Tangerang

Kain songket Sambas konon sudah ada sejak zaman pemerintahan Sultan Sulaiman, sultan pertama Kesultanan Sambas. Kesultanan itu ada mulai tahun 1671-1950.

Terkait hal ini, Walikota Singkawang Tjahai Chui Mie  mengucapkan terima kasih atas dukungan Astra Financial dalam membangun Gerbang Mahligai Pesisir.

"Juga berbagai bantuan saat covid seperti ventilator, sembako, dan pemberian kurban. Tidak hanya itu, penanaman pohon serta revitalisasi Taman Cahaya Madani pun, Astra turut hadir," ucapnya.

Director In Charge Astra Financial Suparno Djasmin mengatakan, pembangunan Gerbang Mahligai Pesisir merupakan momen bersejarah bagi daerah Singkawang-Sambas.

"Kami berharap gerbang ini tidak hanya menjadi pembatas wilayah namun juga dapat menjadi lambang kelestarian budaya dari kebersamaan Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas," tutur Suparno.

Gerbang ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian wilayah dengan menjadi destinasi wisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com