Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Getaci, Calon Tol Terpanjang di Indonesia

Kompas.com - 19/11/2022, 14:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Menambah jalur konektivitas antar daerah, pemerintah akan segera merealisasikan pembangunan, Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci).

Jalan tol yang digadang-gadang akan menjadi tol terpanjang di Indonesia tersebut saat ini masih ada dalam tahap penentuan kontraktor.

Berikut deretan fakta yang wajib Anda ketahui mengenai tol Getaci, calon jalan tol terpanjang di Indonesia ini.

Baca juga: Pangkas Utang Rp 23 Triliun, Waskita Lego Saham 5 Jalan Tol

1. Panjang jalan tol

Jalan tol Getaci direncanakan akan memiliki panjang hingga 206,65 kilometer dan akan menghubungkan dua provinsi yakni Jawa Barat (Jabar) dengan Jawa Tengah (Jateng).

2. Tol terpanjang di Indonesia

Bila selesai dibangun, maka Jalan tol Getaci akan menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia yakni mencapai 206,65 kilometer.

Dengan panjang tersebut, tol Getaci akan menggeser posisi Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) yang saat ini masih menjadi tol terpanjang di Indonesia dengan bentang 189 kilometer.

 

3. Dibangun oleh konsorsium 8 perusahaan

Pembangunan jalan Tol Getaci dilaksanakan oleh 8 perusahaan yang tergabung dalam konsorsium PT Jasa Marga Gede Bage Cilacap (PT JGC).

Kedelapan perusahaan tersebut yakni PT. Jasa Marga Tbk., Kemitraan Daya Mulya Turangga, Gama Grup dan PT Jasa Sarana, PT Waskita Karya Persero Tbk, PT PP Persero Tbk, dan PT wijaya Karya Persero Tbk.

Baca juga: Bikin Aman Berkendara di Jalan Tol, Ini Jenis Pembatas Lajur

4. Punya empat seksi

Jalan tol Getaci akan terbagi dalam empat seksi yaitu Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara sepanjang 45,20 kilometer dan Seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya sepanjang 50,32 kilometer.

Kemudian, Seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan sepanjang 76,78 kilometer, serta Seksi 4 Patimuan-Cilacap sepanjang 34,35 kilometer.

5. Nilai investasi

Pembangunan Tol Getaci diperkirakan akan menghabiskan biaya investasi sebesar Rp 56 triliun dan masa konsesi selama 40 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com