Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/10/2022, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Para start-up (perusahaan rintisan) ikut bergabung dalam metaverse milik PT Avatara Jagat Nusantara atau Jagat.

Setidaknya, kini sudah ada 9 perusahaan rintisan yang memiliki dunia virtual di platform yang terhubung dengan Ibu Kota Nusantara (IKN) itu.

Berikut ini daftarnya:

  1. Noice
  2. Sociolla
  3. Bumilangit
  4. Hepmil Media Group
  5. ROH Project
  6. Indozone
  7. Jakarta Intercultural School
  8. Pijar Foundation, dan
  9. Play3

Hal ini sebagaimana dilaporkan oleh Founding Chairman Jagat Wishnutama Kusubandio kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya pada peluncuran Jagat Nusantara di Jakarta, Jumat (28/10/2022).

Baca juga: Para Start-up Ini Sudah Mulai Bergabung di Metaverse Jagat IKN

"Bersama kita juga hadir di sini para start-up lokal dan pioneer partners Pak Presiden (melaporkan ke Presiden Joko Widodo), yang sudah bergabung di platform Jagat," tutur Wishnutama.

Wishnutama berpendapat, Indonesia harus bersiap berkompetisi menangkap peluang dengan cepat dan tepat dalam kehidupan saat ini yang didominasi oleh teknologi dan digitalisasi.

"Oleh karena itu, melalui Jagat Nusantara kita berupaya berkompetisi melalui kreativitas dan inovasi kita coba wujudkan sebuah platform social immersive (lingkup sosial) berbasis web dan mobile yang menghubungkan pengguna dengan dunia virtual," tutur dia dalam pidatonya.

Wishnutama berpendapat, Jagat Nusantara bisa dibilang sebagai the next generation of social media (generasi penerus media sosial).

Dia berujar, hasil kerja keras dan kolaborasi anak muda Indonesia akhirnya menghadirkan IKN dalam dunia virtual berangkat dari inisiasi Presiden sendiri.

"Bagaimana dengan teknologi kita dapat menghadirkan engagement atau kegiatan kota nyata di masa depan ke dalam dunia virtual pada hari ini," tandas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com