Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/10/2022, 14:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Avatara Jagat Nusantara atau Jagat kini telah meluncurkan dunia virtual atau metaverse yang terhubung dengan kota nyata Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Peluncurannya dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi oleh Founding Chairman Jagat Wishnutama Kusubandio dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono di Jakarta, Jumat (28/10/2022).

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini, secara resmi saya luncurkan Jagat Nusantara," tegas kepala negara itu.

Sementara menurut Co-Founder dan CEO Jagat Barry Beagen, saat ini belum ada biaya untuk berlangganan untuk mengakses IKN di Jagat.

"Saat ini gratis, jadi download (unduh) saja," ujar Barry singkat dalam konferensi pers pada waktu yang bersamaan dengan peluncuran platform tersebut.

Baca juga: Para Start-up Ini Sudah Mulai Bergabung di Metaverse Jagat IKN

Pada tahap awal diluncurkan, jadi sensasi untuk merasakan pengalaman berada di IKN masih hanya berada di Titik Nol sebagai downtown (pusat kota) baru serta Istana Negara.

"Jadi, ini juga suatu yang kita hadirkan di 3D. Supaya ini juga bisa dirasakan interkasi 2D dan 3D interaksinya akan beda," sambung Barry.

Pada masa mendatang, Jagat akan terus mengembangkan ruang maupun interaksi baru dan diharapkan agar bisa membangun kreativitas generasi baru di Jagat Nusantara, khususnya kalangan muda.

Pada aplikasinya, pengguna dapat memanfaatkan Jagat untuk mengadakan rapat, pertemuan, nonton bareng (nobar) film.

Lalu, konser virtual, pertunjukan dan showcase karya digital, dan interaksi imersif lainnya, baik melalui gawai maupun situs web, baik melalui gawai maupun situs web.

Jagat akan dikembangkan secara bertahap dengan mengumpulkan berbagai masukan dan menganalisis perilaku in-app dari pengguna untuk membuat lebih banyak inovasi sebagai platform inklusif.

Nantinya, hal ini bertujuan dalam memenuhi kebutuhan ekspresi lebih banyak masyarakat Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com