Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jababeka Luncurkan Correctio, Dukung "Silicon Valley" Indonesia

Kompas.com - 09/09/2022, 10:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jababeka Tbk resmi meluncurkan kawasan Correctio di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (8/9/2022).

Peluncuran Correctio merupakan wujud komitmen Jababeka dalam mengembangkan ekosistem Silicon Valley di Indonesia.

Direktur Jababeka Suteja Sidarta Darmono mengatakan Silicon Valley yang mereka kembangkan bukan hanya soal mewujudkan satu kawasan, melainkan apa yang bisa ditawarkan ke komunitas.

"Correctio memiliki ekosistem yang mumpuni berbasis 4.0, menyediakan akses bagi start-up dan industri kepada lembaga riset, venture capital, pemerintah, penyedia solusi teknologi dan solusi manufaktur yang tergabung di satu kawasan," katanya dalam rilis.

Sementara terdapat tiga pilar Correctio meliputi Society 5.0, Industry 4.0, dan Transit Oriented Development (TOD).

Baca juga: Hadirkan Trans-Jababeka, Jababeka Kolaborasi dengan 4 Penyedia Transportasi Umum

Start-up dan industri di Correctio akan lahir dari lulusan President University atau universitas ternama lainnya melalui program Hackathon, hasil kerja sama antara Jababeka dan BISA AI.

Program ini akan menjadi magnet bagi start-up untuk berkembang di Correctio atas potensi pendanaan dan fasilitas lainnya yang dibangun Jababeka bersama para mitra strategis.

Keberlangsungan start-up di Correctio dipercaya akan terus bertahan karena produk atau layanannya berpotensi digunakan oleh 2000 industri dari 30 negara yang menempati kawasan Jababeka.

Sutedja juga menyampaikan akan ada beberapa fasilitas yang akan dikembangkan di Correctio dalam waktu mendatang.

Di kawasan ini akan dikembangkan sejumlah fasilitas kelas dunia yang siap mendukung perkembangan Industry 4.0 dan Society 5.0 seperti pengembangan district cooling system, pengaplikasian solar panel, urban farming, Fabrication Lab, data center, smart command center.

Baca juga: Bareng Pengembang Jepang, Jababeka Bangun 3 Klaster Rumah di Bekasi

Area ini juga telah dilengkapi dengan desain tata kota berbasis TOD yang dapat dijangkau LRT, MRT, kereta cepat, damri dan jalan raya yang menunjang kemudahan akses komunitas bagi transportasi publik, pejalanan kaki, serta pesepeda.

Adapun sebelumnya, telah terjalin kerja sama antara Jababeka dengan BRIN, Indogen, BISA AI, Telkomsel, Mitsubishi Heavy Industries (MHI), Auk Industries, Gamatechno, Arcstone, Sembcorp, dan PIDI Kemenperin dalam rangka pengembangan Correctio.

Turut hadir dalam Grand Launching Correctio, Staf Ahli Menteri Bidang Iklim Usaha dan Investasi Andi Rizaldi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Pejabat Bekasi Dani Ramdan, serta Managing Director Jababeka Residence Marcus Lee.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com