Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jababeka Gaet Mitsubishi Bangun Fasilitas Pendingin di Silicon Valley

Kompas.com - 18/08/2022, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jababeka Tbk melalui PT Jababeka Infrastruktur resmi menggandeng PT Mitsubishi Heavy Industries Indonesia dalam menyiapkan District Cooling System (DCS) atau fasilitas pendingin kawasan di Silicon Valley-nya Cikarang, Correctio.

Hal ini diwujudkan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara kedua belah pihak.

Penandatanganan ini dilaksanakan oleh Managing Director Jababeka Infrastructure Agung Wicaksono dan President Director Mitsubishi Heavy Industries Shinji Kobayashi di Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Dalam sambutannya, Agung mengatakan, kerja sama ini menjadi visi Jababeka dalam menciptakan net-zero industrial cluster.

Sebab, kawasan Correctio nantinya akan mengoptimalkan konsep smart and green city (kota pintar nan hijau).

Baca juga: Gandeng Telkomsel, Jababeka Makin Mantap Kembangkan Sillicon Valley

"Oleh karenanya, visi ini perlu didung dengan kemitraan bersama Mitsubishi Heavy Industries yang dapay menyediakan fasilitas DCS," ujar Agung.

Menurutnya, Correctio tidak hanya akan menjadi pusat bisnis berbasis teknologi terbesar dan pertama di Indonesia, tetapi menjadi kawasan industri yang menunjang ekosistem hijau dan keberlanjutan.

Agung menuturkan, Jababeka juga akan mendorong para tenant (penyewa) dalam bekerja sama untuk  menuju industri 4.0 dengan energi bersih dan terbarukan.

Kemitraan dengan Mitsubishi Heavy Industries sejalan dengan visi pemerintah dalam menetapkan target net zero emission (NZE) atau nol emisi karbon pada tahun 2060 atau lebih cepat.

"Di sisi lain, peluang yang bisa diperoleh Jababeka bersama para start-up (perusahaan rintisan) dan industri di Correction yaitu terciptanya lapangan kerja hijau dan dekarbonisasi sektor," tambah dia.

Sebelumnya, Jababeka juga menggandeng Telkomsel Enterprises dalam menyediakan layanan solusi manufaktur cerdas di Correctio.

Setidaknya, 1.800 perusahaan di kawasan Jababeka, termasuk di dalamnya Correctio, membutuhkan solusi untuk transformasi digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com