Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek MRT Jakarta Fase 4 Resmi Didukung Korea Selatan

Kompas.com - 02/09/2022, 13:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Fase 4 resmi mendapat dukungan dari Korea Selatan.

Hal ini menyusul penandatanganan commitment letter antara PT MRT Jakarta dengan konsorsium Korea Overseas Infrastructure and Urban Development Corporation (KIND), Korea National Railway (KNR), dan Samsung C&T Corporation (Samsung) pada Kamis (1/9/2022) dalam ajang Jakarta Investment Forum 2022.

Penandatanganan dilakukan langsung oleh Direktur Pengembangan Bisnis MRT Jakarta Farchad Mahfud dan Chief of Representative of Indonesia Office KNR Cho Sunghee, Chief of Representative of Indonesia KIND Suenghwan Lee, serta Chief of Representative of Indonesia Office Samsung J.K Hong.

Agung Wisnu Nugroho Progres pembangunan MRT Jakarta fase 2A CP 201 jalur Bundaran HI-Harmoni per 15 Mei 2022 mencapai 38,80 persen.

Penandatanganan commitment letter turut disaksikan oleh Direktur Utama (Dirut) MRT Jakarta Mohamad Aprindy.

Terkait hal ini, Dirut MRT Jakarta menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta karena telah menyelenggarakan Jakarta Invesment Forum 2022.

Baca juga: MRT Jakarta Siapkan Pusat Informasi Publik di Kota Tua, Ini Fasilitasnya

"Ajang seperti ini akan mempertemukan pihak-pihak yang mendukung pembangunan sebuah kota yang berkelanjutan," katanya, mengutip laman resmi MRT Jakarta.

Lanjutnya, MRT Jakarta senantiasa membuka kesempatan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk pengembangan berbagai proyek infrastruktur.

"Pada kesempatan ini pula, kami menandatangani surat komitmen bersama dengan pihak konsorsium Korea Selatan terkait studi awal, potensi pengembangan bisnis, dan berbagi pengetahuan terkait pengembangan jalur fase 4," tambah Mohamad Aprindy.

Jelasnya, konsorsium Korea Selatan juga telah menyelesaikan studi kelayakan MRT Jakarta Fase 4 yang menjadi penanda keberhasilan pertama dalam kemitraan tersebut.

"Hasil studi kelayakan ini menunjukkan bahwa proyek fase 4 MRT Jakarta layak dilaksanakan dengan mekanisme public-private partnership atau kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU)," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com