Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Mandek sejak Desember, Pembangunan Tol Padang-Sicincin Kembali Berlanjut

Kompas.com - 31/08/2022, 10:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) memastikan segera melanjutkan konstruksi Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi Padang-Sicincin yang sempat terhenti sejak Desember 2021 karena masalah pembebasan lahan.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan, progres konstruksi sangat bergantung pada pembebasan lahan yang kerap menjadi tantangan di lapangan.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu penyelesaian pembebasan lahan pembangunan Seksi Padang-Sicincin. Hutama Karya segera memulai kembali konstruksi di lapangan,” jelasnya dalam rilis, Rabu (31/8/2022).

Koentjoro menyampaikan, dengan segera selesainya pembebasan lahan, diharapkan perusahaan dapat segera kembali mengebut konstruksi tol sesuai dengan lahan yang telah dibebaskan dan tepat waktu.

Baca juga: Tiga Seksi Tol Padang-Pekanbaru Diprioritaskan, Begini Progresnya

Oleh karena itu, dia menargetkan percepatan pembangunan tol ini selesai sesuai target tahun 2024 apabila pembebasan lahan sesuai rencana. Sehingga, dapat segera membawa manfaat bagi masyarakat sekitar.

Farah Chaerunniza Jalan Tol Pekanbaru-Dumai memiliki jalur untuk pelintasan hewan. Lantas, seperti apa bentuknya?


Kehadiran Tol Pekanbaru-Padang secara keseluruhan nantinya membawa manfaat positif bagi perekonomian dan pariwisata kedua wilayah setempat.

Tol ini pun akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari Padang ke Pekanbaru dari 9 jam via jalan arteri menjadi lebih kurang 3 jam via jalan tol dengan kecepatan rerata 80 kilometer per jam.

Tak hanya memangkas waktu perjalanan, jalan tol ini akan membuka konektivitas antar-wilayah dalam rangka memperlancar distribusi logistik.

Selain itu juga, tol ini akan menghubungkan dua pelabuhan laut yang berada di Padang dan Dumai, Riau, serta akan mengefisienkan mobilitas orang dan barang.

Hingga saat ini, Hutama Karya telah membangun Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) sepanjang 1.066 kilometer.

Perinciannya, 519 kilometer ruas tol saat ini tengah masuk tahap konstruksi dan 547 kilometer lainnya telah beroperasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com