Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Seksi Tol Padang-Pekanbaru Diprioritaskan, Begini Progresnya

Kompas.com - 19/07/2022, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) tengah memprioritaskan tiga seksi dalam pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru.

Menurut Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro, progres pembangunan ketiga seksi tersebut cukup signifikan.

Pertama, Seksi 6 Pekanbaru-Bangkinang yang sudah mencapai 83 persen, khusus Km 9 hingga Km 40 sudah selesai 100 persen dan telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF).

Baca juga: Ada 1.850 UMKM Jualan di Rest Area Jalan Tol, Di Mana Terbanyak?

Kemudian, Seksi 5 Bangkinang-Pangkalan dengan progres 60 persen, dan Seksi 1 Padang-Sicincin mencapai 45 persen.

Sedangkan, sisa ruas tol lainnya yakni Seksi 4 Pangkalan-Payakumbuh (58 kilometer), Seksi 3 Payakumbuh-Bukittinggi (34 kilometer), dan Seksi 2 Bukittinggi-Sicincin (38 kilometer) masih dalam tahap perencanaan.

"Di samping proses konstruksi, pembebasan lahan juga berjalan cukup baik utamanya di ruas Pekanbaru-Bangkinang," tutur Koentjoro dalam rilis, Selasa (19/7/2022).

Meski demikian, Hutama Karya tidak memungkiri kerap dihadapkan oleh kendala di lapangan, di mana pembebasan lahan di Sumatera Barat masih menjadi tantangan tersendiri hingga saat ini.

“Di ruas tol Padang-Sicincin, dengan kendala lahan yang sempat dihadapi, perusahaan hanya
dapat mengebut konstruksi tol sesuai dengan lahan yang telah dibebaskan," tambah Koentjoro.

Baca juga: Kelar Juli, Pembebasan Lahan Tol Padang-Pekanbaru Terus Digenjot

Seiring berjalannya waktu dan dukungan dari berbagai stakeholder (pemangku kepentingan) setempat, Hutama Karya dapat kembali on-track (berjalan) menyelesaikan target pembangunan.

Perseroan mengapresiasi seluruh koordinasi yang baik antar pihak. Sehingga, diharapkan pembangunan Tol Pekanbaru-Padang ini dapat berjalan lancar dan kembali berjalan sesuai target yang telah ditentukan.

Tol Padang-Pekanbaru sepanjang 254,8 kilometer dibangun secara bertahap dengan tujuan untuk melancarkan konektivitas antar dua provinsi yakni Riau dan Sumatera Barat.

Pembangunan jalan tol ini ditugaskan kepada Hutama Karya selalu pengembang dengan berkolaborasi bersama PT HK Infrastruktur (HKI) dan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk selaku
kontraktor utama di seksi prioritas yang masuk dalam tahap I pembangunan.

Sehingga, HKI bertanggung jawab untuk konstruksi di Seksi Pekanbaru-Bangkinang (40 kilometer) dan Seksi Sicincin-Padang (36 kilometer).

Sementara Wika bertanggung jawab di Seksi Bangkinang-Pangkalan membentang 25 kilometer. Adapun estimasi nilai investasi di proyek Tol Pekanbaru-Padang ini sebesar Rp 80,41 triliun dari Penyertaan Modal Negara (PMN), ekuitas lainnya, dan pinjaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com