Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertunda 6 Bulan, Tarif Baru Tol Pondok Aren Mulai Berlaku 17 Juli

Kompas.com - 15/07/2022, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bintaro Serpong Damai (BSD) memberlakukan penyesuaian tarif Jalan Tol Pondok Aren-Serpong pada Minggu (17/7/2022).

Hal ini menyusul Surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Nomor 569/KPTS/M/2022.

Meskipun berlaku aturan baru, akan tetapi tarif Tol Pondok Aren-Serpong tidak naik atau tetap seperti sebelumnya.

Direktur Utama PT BSD Purwoto mengatakan penyesuaian tarif Tol Pondok Aren-Serpong sempat tertunda sekitar 6 bulan.

Tarif yang dibayarkan juga dapat dikatakan kompetitif karena untuk ruas tersebut ada di bawah Rp 1.000 per kilometernya.

Baca juga: Mau Cek CCTV Jalan Tol? Cukup Klik Situs Ini

"Selain pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM), penyesuaian tarif juga dihitung berdasarkan angka inflasi Kota Tangerang selama 2 tahun terakhir yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) yaitu sebesar 2,46 persen," kata Purwoto dalam rilis.

Adapun tarif yang berlaku saat ini adalah Rp 7.000 untuk kendaraan golongan I, Rp 13.500 untuk golongan II dan III, serta Rp 16.000 untuk golongan IV dan V.

Sementara itu, terkait hal pemenuhan SPM di Tol Pondok Aren-Serpong, pihak pengelola telah melakukan sejumlah pekerjaan.

Salah satunya dengan melakukan beautifikasi di beberapa titik area Daerah Milik Jalan (DAMIJA), di antaranya penanaman pohon jenis bougenville dan perawatan di sekitar area KM 6+500 hingga 6+300 A/B.

Selain itu, juga dilakukan kegiatan pengecatan kanstin dan bullnose area Gerbang Tol (GT) Pondok Aren 1 dan 2, penghijauan di area on off ramp GT Pondok Aren, pembersihan drainase dan perbaikan rambu.

Baca juga: Ada Demo Sengketa Lahan, Satu Lajur Tol Cimanggis-Cibitung Ditutup

Tak hanya itu, saat ini sedang dilakukan pengerjaan proyek penanganan banjir di KM 08+00 dan proyek weaving di KM 7-11.

Pekerjaan ini bertujuan untuk menangani permasalahan banjir terutama pada saat intensitas hujan tinggi. Kedua proyek tersebut ditargetkan rampung pada kuartal kedua 2023.

Manajemen Tol BSD telah melakukan sejumlah sosialisasi dan edukasi terkait penyesuaian tarif melalui media sosial, hingga mengadakan Forum Group Discussion (FGD) dengan mengundang berbagai stakeholders terkait.

Juga dilakukan pemasangan spanduk dan Variable Message Sign (VMS) serta pendistribusian berita pers ke media massa.

Tujuannya, untuk memberikan pemahaman kepada seluruh pihak bahwa penyesuaian tarif tidak selalu tentang kenaikan tarif, tetapi bisa juga terkait penetapan tarif baru, penurunan tarif bahkan tarif tetap atau tarif tidak mengalami perubahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com