Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibayar, Ganti Untung Rp 90 Miliar untuk 70 Bidang Tanah Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo

Kompas.com - 25/08/2022, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) membayar uang ganti untung (UGU) senilai 90 miliar bagi 70 bidang tanah untuk pemebebasan lahan proyek Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo, Kamis (24/8/2022).

Direktur Utama LMAN Basuki Purwadi mengatakan hal ini usai penyerahan secara simbolis kepada masyarakat penerima UGU di Yogyakarta, Kamis (24/8/2022).

“Hari ini, kita melakukan pembayaran untuk 70 bidang tanah dengan total nilai sebesar Rp 90 miliar,” jelas Basuki.

Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo yang terdiri dari tiga seksi ini masih berjalan.

Namun sejauh ini yang sudah dalam proses konstruksi baru Seksi 1 Kartosuro-Purwomartani. Sementara seksi lainnya masih dipersiapkan.

Pengerjaan konstruksi Seksi 1 Seksi 1 Kartosuro-Purwomartani sepanjang 42,38 kilometer terbagi menjadi dua paket.

Paket 1 ruas Solo-Klaten sepanjang 22,3 kilometer, dan Paket 2 ruas Klaten-Purwomartani 20,08 kilometer.

Sementara untuk Seksi 2 Purwomartani-Gamping sepanjang 23,43 kilometer dan Seksi 3 Gamping-Purworejo sepanjang 30,77 kilometer masih dalam tahap persiapan.

Untuk Seksi 2, pengerjaannya terbagi dalam dua paket yakni, Paket 2.1 ruas Purwomartani-Monjali sepanjang 9,43 kilometer dan Paket 2.2 ruas Monjali-Gamping 14 kilometer.

Baca juga: Ini Kabar Terbaru Proyek Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo

Lalu Seksi 3 juga tebagi menjadi dua paket. Yakni Paket 3.1 ruas Gamping-Wates 17,45 kilometer dan Paket 3.2 ruas Wates-Purworejo 13,32 kilometer.

Untuk diketahui, Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA Kulon Progo dikelola oleh BUJT PT Jogjasolo Marga Makmur dengan biaya investasi sekitar Rp 26,63 triliun dengan masa konsesi 40 tahun.

Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo yang membentang sepanjang 96,57 kilometer melintasi dua provinsi.

Yakni Jawa Tengah sepanjang 35,64 kilometer, dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sepanjang 60,93 kilometer.

Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo memiliki satu persimpangan (junction) Sleman dan sembilan simpang susun (interchange).

Kesembilan Simpang Susun (SS) tersebut yakni, SS Kartosuro, SS Karanganom, SS Klaten, SS Prambanan dan Manisrenggo, SS Purwomartani, SS Gamping, SS Sentolo, SS Wates, dan SS YIA.

Jalan tol ini nantinya akan menghubungkan Ibukota Provinsi DIY dengan Kota Solo. Sehingga akses menuju destinasi pariwisata nasional seperti Candi Prambanan.

Selain itu, mempersingkat waktu perjalanan masyarakat yang akan menuju ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA Kulon Progo).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com