Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Akses Utama IKN Sedang Dibangun, Intip Progresnya

Kompas.com - 24/08/2022, 16:15 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR tengah melakukan pembangunan Jalan Lingkar Sepaku di Kalimantan Timur (Kaltim).

Jalan nasional itu akan menjadi akses utama menuju Ibu Kota Nusantara (IKN). Juga merupakan bagian dari infrastruktur dasar IKN.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan IKN sudah memasuki fase land development atau pemetaan lahan.

"Setelah pemetaan lahan, pemerintah akan memulai pembangunan infrastruktur dasar seperti jalan tol dan jalan nasional yang menjadi akses utama ke IKN Nusantara," ujar Basuki dalam rilis pers, Rabu (24/08/2022).

Kini, pembangunan Jalan Lingkar Sepaku yang sedang berlangsung ialah segmen 1 hingga segmen 3. Terbagi dalam tiga paket dengan APBN total Rp 103,772 miliar.

Progres fisik pembangunan ketiga segmen tersebut rata-rata sudah mencapai 77 persen.

Baca juga: Lewat Jalan Tol, Balikpapan-IKN Nantinya Cuma 30 Menit

Pembangunan Jalan Lingkar Sepaku yang merupakan jalan nasional dan menjadi akses utama menuju IKN.Dok. Kementerian PUPR Pembangunan Jalan Lingkar Sepaku yang merupakan jalan nasional dan menjadi akses utama menuju IKN.
Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kaltim Junaidi menyampaikan, panjang keseluruhan jalan yang dibiayai melalui APBN itu sekitar 2,91 kilometer.

"Pembangunan jalan lingkar Sepaku segmen 1 sepanjang 0,75 kilometer, lalu pembangunan jalan lingkar Sepaku segmen 2 sepanjang 1,04 kilometer, dan pembangunan jalan lingkar Sepaku segmen 3, panjangnya 1,12 kilometer," jelasnya.

Untuk pembangunan Jalan Lingkar Sepaku segmen 1 hingga 3 dilaksanakan melalui skema Multi Year Contract (MYC) lanjutan.

Untuk pelaksanaan pekerjaan Jalan Lingkar Sepaku segmen I oleh PT Prampus Inti Puspita dengan nilai kontrak kegiatannya senilai Rp 46,693 miliar.

Kemudian, pembangunan Jalan Lingkar Sepaku segmen 2, dikerjakan PT Duta Mega Perkasa senilai Rp 48,021 miliar.

Selanjutnya, pembangunan Jalan Lingkar Sepaku segmen 3 dikerjakan PT Cipta Artha Borneo dengan anggaran sebesar Rp 44,8 miliar.

Pembangunan Jalan Lingkar Sepaku yang merupakan jalan nasional dan menjadi akses utama menuju IKN.Dok. Kementerian PUPR Pembangunan Jalan Lingkar Sepaku yang merupakan jalan nasional dan menjadi akses utama menuju IKN.
Menurut Junaidi, pembangunan Jalan Lingkar Sepaku akan berlanjut pada segmen 4. Kini sudah selesai tender, sehingga dapat segera dilaksanakan.

"Tender proyek untuk pembangunan Jalan Lingkar Sepaku Segmen 4 telah dibuka dengan nilai pagu paket senilai Rp 193,47 miliar, dan persiapan kontrak," imbuhnya.

Baca juga: Mengintip Rencana Sistem Jaringan Jalan Tol di IKN

Untuk diketahui, pembangunan IKN akan dilaksanakan secara bertahap hingga tahun 2045 dengan mengusung konsep "Future Smart Forest City of Indonesia".

Pada tahap awal di tahun 2022-2024, pembangunan yang akan menjadi prioritas Kementerian PUPR meliputi Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) seluas 6.671 hektar.

Infrastruktur prioritas yang akan dibangun oleh Kementerian PUPR antara lain Istana Kepresidenan, Masjid Negara, perkantoran Kementerian/Lembaga, penataan Kawasan Sumbu Kebangsaan dan Tripraja.

Lalu, hunian ASN, jalan akses dan jalan lingkungan tahap awal, serta infrastruktur dasar permukiman seperti penyediaan air baku melalui Bendungan Sepaku Semoi dan beberapa bendungan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com