Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatian, Masih Ada 38.850 PNS di Bali yang Belum Mutakhirkan Data

Kompas.com - 02/08/2022, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) mencatat, masih terdapat 38.850 peserta yang belum memutakhirkan data di Provinsi Bali.

Komisioner BP Tapera Adi Setianto mengatakan, artinya terdapat 63,81 persen Pegawai Negeri Sipil (PNS) belum memutakhirkan data secara individu.

"Sedangkan sisanya sebanyak 38.850 peserta (63,81 persen) belum melakukan pemutakhiran data secara individu," ungkap Adi dalam siaran pers, Selasa (2/8/2022).

Adi mengatakan, PNS yang telah memutakhirdan data individu di Bali baru 36,19 persen atau 22.035 peserta.

Selain dilakukan oleh pemberi kerja, para peserta tetap perlu memutakhirkan data bersifat pribadi dan confidential (rahasia) yang hanya bisa diakses dan diisi oleh masing-masing peserta.

Menurutnya, pemutakhiran data penting bagi peserta untuk mengetahui dan memastikan informasi, status kepesertaan (aktif/nonaktif), dan besaran setoran dan saldo simpanan.

Kemudian, pilihan prinsip pengelolaan dana (konvensional/syariah), serta rekening pengembalian simpanan pada saat pensiun atau berakhir masa kepesertaan.

Baca juga: Hingga 26 Juli, Lebih dari 1 Juta PNS Mutakhirkan Data Tapera 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrulloh mengimbau seluruh PNS/ASN untuk memutakhirkan data BP Tapera agar bisa menerima manfaat yang ada.

“KORPRI membangun jejaring, potensi-potensi di luar KORPRI yang bisa menunjang kinerja dan membantu kesejahteraan PNS/Aparatur Sipil Negara (ASN), salah satunya satunya melalui pemilikan rumah," terang Zudan.

Asisten Administrasi Umum Bali I Dewa Putu Sunartha menyampaikan, dengan beralihnya Bapertarum-PNS ke BP Tapera, maka sesuai fungsinya diharapkan dapat menyediakan perumahan bagi PNS.

Dia menghimbau perangkat daerah Bali, Badan Kepegawaian Daerah, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) mengajak semua PNS untuk memutakhirkan data yang sudah disediakan oleh BP Tapera, melalui portal yang sudah disiapkan.

"Selain itu, juga dapatmemanfaatkan semua fasilitas perumahan yang disiapkan oleh BP Tapera," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com