Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tepatkah Kamar Tidur Dicat Warna Merah? Begini Pandangan Fengsui

Kompas.com - 12/07/2022, 18:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi Anda yang menyukai merah tentunya tergoda untuk mengecat dinding kamar tidur dengan warna tersebut.

Sebelum menerapkan warna tersebut di kamar tidur, tidak ada salahnya jika mengetahui warna yang baik menurut fengsui.

Ternyata, warna merah termasuk dalam elemen api yang mewakili energi dan gairah tinggi seperti dilansir Fengshui Beginner.

Namun, warna merah dapat menciptakan elemen ketidakseimbangan yang dapat memengaruhi keberuntungan dan kesehatan.

Sementara kamar tidur merupakan ruang yang membutuhkan kehadiran energi yin yang memungkinkan Anda untuk bersantai dan beristirahat dan merah adalah yang. Ini tentu dapat mengganggu tidur.

Dilihat dari sudut pandang psikologi, warna lebih dari sekedar pengalaman visual yang juga dapat memengaruhi suasana hati dan emosi.

Baca juga: Ranjang Susun, Solusi Cerdas Bagi Kamar Tidur Anak yang Sempit

Sedangkan merah merupakan warna energik yang mungkin terlalu merangsang dan intens untuk kamar tidur. Ini dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan kecemasan.

Sebetulnya, terlalu banyak warna merah di kamar tidur mungkin membuat Anda tetap terjaga sepanjang malam dan kesulitan terlelap.

Tentu saja, semua faktor ini dapat memengaruhi pola dan kualitas tidur. Sehingga, berdampak buruk pada kondisi kesehatan Anda dari waktu ke waktu.

Padahal, kamar tidur adalah ruang yang seharusnya kita beristirahat dengan kualitas tinggi dan meremajakan. Sehingga, tema warna yang dipilih harus menyejukkan mata.

Kamar tidur juga harus mendorong kualitas tidur yang baik dan meningkatkan kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Akan tetapi, jika Anda memang suka memasukkan warna merah ke dalam kamar tidur, ada baiknya untuk menggunakannya sedikit dalam menunjang dekorasi.

Misalnya, tidak perlu mengecat kamar tidur menjadi merah, melainkan menerapkannya di bantal, seprai, dan dekorasi kecil lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com