Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembangunan Gedung Keuskupan Merauke Habiskan Dana Rp 23,28 Miliar

Kompas.com - 04/07/2022, 15:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua.

Pembangunan gedung Keuskupan Merauke bersumber dari dana APBN senilai Rp23,28 miliar dengan pelaksanaan kontrak 10 Juni hingga 29 Desember 2022.

Anggaran tersebut digunakan untuk membangun gedung dua lantai dengan luas bangunan 1.946 meter persegi dan berada di atas lahan seluas 3.989 meter persegi.

Baca juga: Tak Hanya Pondok Pesantren, Rumah Susun Keuskupan Pun Dibangun Jokowi

Secara seremoni pembangunan infrastruktur prasarana kerohanian tersebut ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama pada Minggu (26/6/2022), dengan target selesai konstruksi akhir Desember 2022.

"Diharapkan dengan dibangunnya gedung Keuskupan Merauke bisa meningkatkan upaya membentuk mental hidup bersama untuk menciptakan lingkungan yang berbudaya, beradab, dan menjunjung tinggi nilai moral," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Lingkup pekerjaan untuk pembangunan Lantai 1 terdiri dari 18 ruangan yakni lobby, ruang sekretariat, ruang staf, ruang vikjen, ruang panel, perpustakaan, ruang ATK, kantin, toilet, ruang rapat kuria, dan ruang uskup ruang ekonom, ruang kapel, toko rohani, gudang, ramp, gudang bawah, dan janitor.

Selanjutnya untuk lantai dua terdiri dari 4 ruangan yakni ruang tribunal, gudang, ruang panel, dan ruang komisi.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Corneles Sagrim berharap pembangunan gedung Keuskupan Agung Merauke dapat membantu meningkatkan pelayanan kepada umat.

"Kami juga berusaha keras agar pembangunan gedung Keuskupan ini dilaksanakan dengan memperhatikan aspek 3 T (tepat mutu, tepat waktu dan tepat kualitas)," turut Corneles.

Baca juga: Kanal Purba di Kompleks Candi Muaro Jambi Diperbaiki, Seperti Apa?

Sementara itu, Uskup Agung Merauke Mgr Petrus Canisius Mandagi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah atas terealisasinya pembangunan gedung Keuskupan di Merauke.

"Pembangunan gedung Keuskupan telah dinantikan sejak lama guna meningkatkan layanan kepada masyarakat," ujar Uskup Agung Merauke Mgr Petrus Canisius Mandagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com