Jamin Keamanan Penumpang, MRT Jakarta Sediakan X-Ray di Pintu Masuk

Kompas.com - 04/07/2022, 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi menjamin keamanan penumpang, Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta sediakan mesin x-ray di pintu masuk stasiun.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT Jakarta Muhammad Effendi menjelaskan, hal ini juga dilakukan seiring dengan meningkatnya jumlah penumpang.

"Seiring dengan meningkatnya penumpang, MRT tetap berkomitmen tinggi," jelasnya dalam media briefing, Kamis (30/6/2022).

Tersedia sebanyak 72 mesin x-ray di stasiun elevated maupun underground yang sudah mulai diuji cobakan.

"Jadi kami sudah mulai memasang yang namanya x-ray, dengan adanya x-ray awal-awalnya agak sedikit tersendat, tetapi niatnya adalah yang naik itu akan lebih nyaman," tambah Effendi.

Baca juga: Mengupas MRT East-West Line, Proyek Senilai Rp 160 Triliun

Tersendatnya penumpang di pintu masuk untuk melalui mesin x-ray merupakan hal yang wajar mengingat ini adalah barang baru dan sistem baru.

Sehingga untuk mengantisipasi kepadatan antrean yang menghambat penumpang ke tempat kerja, pihaknya melakukan pengecekkan campuran.

"Jadi kita ada yang lewat x-ray, ada juga periksa manual," Effendi kembali mengungkapkan.

Teknologi ini bisa mendeteksi apabila terdapat orang yang berniat jahat dengan membawa senjata tajam atau senjata api.

Ini juga sekaligus bisa memastikan bahwa tidak ada ancaman bom dan sejenisnya terjadi di MRT Jakarta.

Baca juga: Swoop Tawarkan Layanan Antar-Jemput Penumpang MRT Jakarta

"Insyaallah ke depan apabila diperlukan akan kami tambahkan lagi," ujarnya.

Pihaknya akan tetap melakukan evaluasi agar bisa memastikan keamanan dan keselamatan penumpang tanpa harus terjadi antrean di pintu masuk.

"Yang kami pastikan adalah aman, tetapi penumpang tetap tidak ada penundaan masuk ke kereta. Kelancarannya akan tetap terjamin," pungkas Effendi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.