Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Kembali Dibuka, Pengunjung Tebet Eco Park Harus Daftar Lewat JAKI

Kompas.com - 04/07/2022, 12:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penutupan sementara Tebet Eco Park diperpanjang. Sebelumnya, Tebet Eco Park direncanakan akan kembali dibuka pada akhir Juni 2022.

Hal ini menyusul unggahan akun Instagram Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta @tamanhutandki.

Melalui unggahan tersebut juga diketahui bahwa nantinya masyarakat yang ingin mengunjungi Tebet Eco Park harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui JAKI.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Distamhut Provinsi DKI Jakarta (@tamanhutandki)

Taman yang baru diresmikan pada bulan April 2022 tersebut mendapat sejumlah perbaikan sejak pertengahan Juni.

Diinformasikan, salah satu pekerjaan yang dilakukan adalah penanaman kembali tanaman hias di sekeliling zona community garden.

Baca juga: Proyek Taman Literasi Martha Christina Tiahahu Sudah 80,8 Persen

Juga tengah dilakukan pembangunan zona pet park di taman bagian selatan, naturalisasi sungai dan filterisasi sampah padat di sepanjang aliran sungai.

Tak ketinggalan, juga tengah dilakukan pemasangan rambu-rambu yang lebih informatif untuk pengunjung hingga perbaikan area tangga darurat di link bridge.

Selain itu, sedang dilakukan penanam kembali rumput di zona thematic garden dan community lawn, pembangunan area UMKM hingga pembangunan kolam dekat wetland boardwalk.

Tebet Eco Park berdiri di lahan seluas 7 hektar yang diharapkan bisa berfungsi sebagai ruang terbuka hijau dan ruang terbuka biru.

Tebet Eco Park terbagi menjadi dua bagian, yaitu sisi utara dan selatan. Sisi selatan taman ditetapkan sebagai area community garden di mana terdapat eksisting kebun bibit.

Baca juga: Taman Hiburan Bertema Upin & Ipin Bakal Buka Tahun 2024

Zona wetland boardwalk yang juga terletak di sisi selatan taman berfungsi untuk membantu menahan laju air dan meningkatkan retensi air.

Tersedia pula playground atau area bermain anak dengan beragam permainan hingga viewing deck yang memanfaatkan perbedaan kontur.

Di sini terdapat pintu masuk utama area selatan dengan pavilion penerima yang dilengkapi dengan toilet untuk kegiatan sosial-masyarakat di sekitar Tebet Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com