Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canggih, China Punya Rel Kereta Api yang Lintasi Gurun Pasir

Kompas.com - 28/06/2022, 15:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah China akhirnya menyelesaikan konstruksi jalur kereta api sepanjang 2.712 km yang mengelilingi padang gurun Taklimakan.

Proyek ini rampung setelah pada Kamis (16/6/2022) lalu, jalur Kereta Api Hotan-Ruoqiang resmi dioperasikan.

Kehadiran jalurHotan-Ruoqiang dapat memangkas waktu tempuh antara Hotan dan Ruoqiang, menjadi 11 jam 26 menit. Selain itu, menambah jaringan kereta api di Xinjiang, di bagian barat laut China.

Baca juga: Keren, China Kerjakan Bendungan dengan Bantuan Robot

Seperti dikutip dari laman China Railway, rel kereta Api Hotan-Ruoqiang membentang sepanjang 825 kilometer .

Jalur kereta ini dirancang sebagai kereta api jalur tunggal Kelas I nasional, dengan kecepatan 120 km/jam dan melewati 22 stasiun.

Dari total 22 stasiun, terdapat 11 stasiun hanya dikhususkan untuk layanan penumpang. Sementara 6 stasiun lainnya bisa melayani penumpang dan barang. 4 stasiun sisanya dirancang untuk layanan teknis dari pengoperasian kereta api .

Jalur kereta ini berada di tepi selatan Gurun Taklamakan, yang merupakan gurun pasir terbesar kedua di dunia. 

Nantinya kereta yang melalui jalur ini akan melintasi daerah berangin dan berpasir sepanjang 534 kilometer atau 65 persen dari total panjangnya .

Sejak konstruksi dimulai pada Desember 2018, pihak China Railway telah mengorganisir kontraktor untuk mengambil langkah-langkah efektif demi mengatasi tantangan dari karakter geologi gurun.

Baca juga: Intip Supertall Baru di China, Punya Bentuk Segi Delapan yang Unik

Mengingat fakta bahwa trek bisa terkubur karena badai pasir yang hebat, kontraktor pembangun telah membuat lima jembatan yang memungkinkan pasir dan angin lewat di bawahnya.

Upaya lainnya untuk melindungi kereta dari hantaman badai pasir adalah penanaman 13 juta semak dan pohon serta dibangunnya kisi jerami sepanjang 50 juta meter persegi.

Sebelum dibuka untuk lalu lintas, China Railway juga telah melalui tahapan penilaian keselamatan fasilitas untuk jalur Kereta Api Hotan-Ruoqiang.

Jalur ini sudah dinyatakan memenuhi persyaratan untuk operasi kereta penumpang dan barang yang aman dan stabil dan siap digunakan. .

Dua kereta penumpang dijadwalkan beroperasi setiap hari. Sementara untuk kereta barang, telah disediakan 8 unit kereta api per hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com