Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti Warna Biru di Kamar Mandi Menurut Fengsui

Kompas.com - 22/06/2022, 08:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.comKamar mandi adalah salah satu area yang paling sering digunakan di rumah.

Ruangan ini hendaknya selalu dibersihkan dengan benar untuk mengantisipasi penyebaran penyakit.

Bagi sebagian orang, selain digunakan sebagai tempat pembersihan diri, kamar mandi juga mewakili area relaksasi hingga peremajaan lewat perawatan pribadi yang dilakukan.

Pada umumnya, pemilik rumah akan mendesain interior kamar mandi sesuai dengan selera mereka, mulai dari jenis toilet yang digunakan sampai dengan pemilihan warna interior.

Sementara dalam fengsui, tidak selalu ada warna yang baik atau buruk untuk kamar mandi. Semua hal tersebut kembali kepada selera pemilik rumah.

Baca juga: Hadirkan Energi Positif di Ruang Makan Lewat Warna Dinding Ini

Akan tetapi, setiap warna yang diterapkan di kamar mandi memiliki arti dan bisa digunakan sesuai dengan energi yang dibutuhkan.

Misalnya penggunaan warna biru yang berhubungan dengan kayu. Ini merupakan salah satu dari lima elemen dalam fengsui.

Sementara kamar mandi erat kaitannya dengan elemen air yang juga merupakan elemen fengsui dan memiliki ikatan dengan elemen kayu.

Air disebut bisa memberi makan dan mendukung elemen kayu. Sehingga warna biru akan bagus jika digunakan di ruangan yang memiliki banyak elemen air, seperti kamar mandi.

Biru dapat mendorong lebih banyak relaksasi dan peremajaan. Jadi menambahkan warna biru ke kamar mandi dapat mendukung energi tersebut.

Baca juga: Punya Kipas Angin Gantung di Kamar Tidur? Begini Pandangan Fengsui

Sedangkan warna hijau juga berhubungan dengan elemen kayu, tumbuhan dan pohon hidup.

Tak jauh berbeda dengan warna biru, penggunaan warna hijau di kamar mandi bisa membawa lebih banyak elemen kayu serta mendorong penyembuhan dan dukungan.

Di sisi lain, putih adalah warna yang paling direkomendasikan untuk digunakan di kamar mandi. Warna ini cocok untuk dipadukan dengan banyak hal.

Putih melambangkan kejernihan dan kemurnian. Ini sesuai dengan salah satu tujuan kamar mandi modern untuk menyucikan tubuh.

Putih dapat dilihat sebagai warna yang memberikan palet netral serta memungkinkan Anda untuk menajamkan dan menghubungkan indra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com