Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempati Lahan 275 Hektar, LG Buka Fase Kedua Pengembangan KIT Batang

Kompas.com - 10/06/2022, 10:39 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran LG Energy Solution membuka pengembangan fase kedua dari proyek Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Provinsi Jawa Tengah.

Dalam pengembangan fase kedua, perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) yang merupakan bagian dari LG Chem ini akan menempati lahan seluas 275 hektar.

LG Energy Solution masuk ke dalam pengembangan KIT Batang untuk merealisasikan rencana investasi industri baterai listrik terintegrasi tahap kedua.

Hal itu dilakukan menyusul acara groundbreaking fasilitas sel baterai senilai total 1,1 miliar miliar yang dilaksanakan di Karawang, Jawa Barat pada September 2021.

Hadirnya LG Energy Solution di KIT Batang Tahap Kedua ditandai dengan seremoni yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae-Sung, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Kemudian, Menteri Sekretariat Negeri (Mensesneg) Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, President of LG Energy Solution Bang Soo Lee, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Bupati Batang Wihaji, Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk Novel Arsyad, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Para Pekerja KIT Batang Bakal Tempati 10 Tower Rusun

Menurut Novel, seremoni tersebut menunjukkan bahwa KIT Batang diminati oleh investor raksasa.

Hal itu dibuktikan dari terjual habis pengembangan fase pertama yang mencakup area seluash 450 hektar.

"Sehingga, saat ini pengembangan KIT Batang memasuki fase kedua dimana pengembangan kawasan mencakup seluas 1.000 hektar," kata Novel dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (10/6/2022).

Dia mengatakan, KIT  Batang merupakan salah satu kawasan pilihan di Indonesia yang ditawarkan dapat menjadi sentra industri baru dengan harapan dapat ,endatangkan investor asing untuk membenamkan modalnya di Indonesia.

Sementara itu, perseroan sebagai anggota konsorsium yang juga berperan sebagai kontraktor nasional siap bersinergi dengan LG Energy Solution dalam pembangunan pabrik dengan kualitas terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com