Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tinggal Finishing, Flyover Kopo Dinilai Bakal Kelar Lebih Cepat dari Kontrak

Kompas.com - 07/06/2022, 18:36 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Flyover Kopo di Kota Bandung, Jawa Barat, diprediksi bakal selesai lebih cepat dari target.

Sesuai kontrak pekerjaan, flyover sepanjang 1,3 kilometer itu mulai dibangun pada November 2020, dan selesai pada September 2022.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat, Wilan Oktavian menyampaikan, struktur Flyover Kopo sudah mencapai 97,25 persen dan hampir selesai.

"Pekerjaan struktur sudah selesai semua, tinggal merapikan saja," ujarnya dikutip dari laman resmi Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Selasa (07/06/2022).

Baca juga: Intip Desain Ornamen Flyover Kopo, Ada Maung Bandung hingga Kujang

Kendati sesuai kontrak selesai September, percepatan pekerjaan yang dilakukan pihak BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat dinilai akan membuat konstruksi akan rampung lebih awal.

Pendanaan dilakukan dengan pekerjaan tahun jamak dengan total nilai anggaran Rp 288,76 miliar.

"Anggaran pembangunan tahun ini (teralokasi) Rp 128 miliar, ada sisa Rp 65 miliar yang dikembalikan, karena pada tahun lalu yang anggarannya semula Rp 144 miliar, ternyata jelang akhir tahun ada sisa dana SBSN yang bisa digunakan untuk tambahan dan percepatan pekerjaan," terang Wilan.

Dia menambahkan, konstruksi flyover yang melintas diatas dua persimpangan yaitu Kopo dan Cibaduyut tersebut berjalan lancar dan cepat akibat kolaborasi yang baik antar pihak.

Mulai dari pembiayaan dan proses pengadaan tanah sebesar Rp 141 miliar oleh Pemprov Jawa Barat dan Pemkot Bandung, sementara pembangunan fisik menjadi tugas Ditjen Bina Marga.

Baca juga: Bagaimana Membedakan Jembatan dan Flyover? Ini Penjelasannya

Sedangkan Kepolisian membantu dalam proses pengaturan lalu lintas karena pekerjaan dilakukan di tengah kota yang padat akan kendaraan.

Berkat kerjasama yang baik antara para pemangku kepentingan tersebut, pembangunan Flyover Kopo tidak hanya selesai lebih cepat namun juga tidak ada kecelakaan konstruksi selama prosesnya.

"Ada 193 batang girder yang telah diangkat dan dipasang dengan safety tanpa fatality dan accident. ada 21 bentang erection girder, yang merupakan pekerjaan beresiko tinggi karena lokasi pekerjaan di tengah kota dapat dilakukan dengan zero accident," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com