Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahu Jalan dan Rest Area Jadi Fokus Evaluasi Mudik via Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 01/05/2022, 18:10 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan parkir di bahu jalan dan kepadatan rest area menjadi dua hal yang patut dievaluasi dari kegiatan arus mudik di Tol Trans-Jawa.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit yang melakukan pengecekan langsung melalui pantauan udara menggunakan helikopter.

Menurut Danang, secara umum kondisi lalu lintas sangat terkendali. Kebijakan one way juga sangat efektif untuk melancarkan perjalanan.

"Kita lihat pelaksanaan mudik sudah berjalan lancar, dan tetap masih perlu ada perbaikan," ujarnya dikutip dari laman resmi BPJT, Minggu (01/05/2022).

Baca juga: Mudik via Tol Trans-Jawa Tahun Ini Lebih Lancar? Ini Kata Pengamat

Perbaikan yang dimaksud mencakup dua hal. Pertama, adanya kepadatan lalu lintas di beberapa ruas karena ditemukan kendaraan pemudik yang berhenti di bahu jalan.

"Sehingga rangkaian kendaraan lain dibelakangnya mengalami hambatan. Diharapkan para pemudik tidak berhenti di bahu jalan tapi di rest area," jelas Kepala BPJT.

Fokus evaluasi yang kedua yakni tentang rest area. Seperti di pintu masuk rest area, jalan aksesnya banyak antrean kendaraan.

Sehingga menutup jalan dan melebar ke jalan utamanya. Tak hanya itu, manajemen parkir di rest area juga harus tetap diperhatikan.

Terkait penggunaan toilet di rest area, Danang juga meminta setiap Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk dapat memastikan orang yang menggunakan toilet maksimal 10 menit.

"Diharapkan terus diperhatikan manajemen pengelolaan mobilitasnya dalam penggunaan toilet sementara yang telah dibuat juga," tandasnya.

Baca juga: Volume Lalin Mudik 2022 di Jalan Tol Trans-Jawa Tertinggi dalam Sejarah

Sementara terkait pengaturan manajemen lalu lintas kendaraan di jalan tol selama arus mudik dan arus balik Lebaran 2022, Dia menyerahkan sepenuhnya ke kepolisian.

"Mereka saya yakin akan bekerja keras sebaik-baiknya untuk bisa memastikan para pengguna jalan tol ini untuk mudik lancar, mudik aman, mudik sehat, dan mudik yang membahagiakan," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com