Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

22.148 Kendaraan Lintasi Tol Cipali hingga Rabu Siang

Kompas.com - 27/04/2022, 22:41 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dilaporkan sejumlah 22.148 kendaraan melintasi Jalan Tol Cikopo-Palimanan, tepatnya di Gerbang Tol (GT) Palimanan pada H-5 Lebaran atau Rabu siang (27/4/2022).

Sedangkan data lalu lintas (lalin) yang tercatat pada Selasa (26/4/2022) jauh lebih banyak, yakni menyentuh 62.361 kendaraan.

Berdasarkan laporan ASTRA Tol Cipali yang diterima Kompas.com, kondisi lalin pada hari Rabu terpantau ramai.

Adapun kepadatan diketahui sempat terjadi sekitar pukul 10.30-12.30 WIB di rest area KM 86 arah Palimanan.

Karenanya, pengelola tol memberlakukan buka tutup rest area pada Rabu pagi atas diskresi Kepolisian untuk mengurai kepadatan lalin.

Baca juga: Kecelakaan Truk Gandeng, Contraflow Diberlakukan di Tol Cipali

Selain itu, diterapkan pula sistem contraflow pada pukul 13.30 WIB dimulai dari KM 129 sampai dengan KM 132 arah Palimanan.

Contraflow akan dilanjutkan mulai dari lokasi putar balik yang berdekatan dengan rest area KM 86, KM 102, KM 130 dan KM 166 arah Palimanan.

Diharapkan pula melalui rekayasa lalin tersebut, kepadatan arus mudik bisa terurai dan memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan.

Sementara itu, demi keselamatan bersama, ASTRA Tol Cipali mengimbau pengemudi agar tetap berhati-hati dan menjaga jarak aman dalam berkendara.

Tak kalah penting, pengemudi harus memastikan kondisi fisik dan kendaraan sebelum berkendara, mengisi saldo uang elektronik, mengisi bahan bakar minyak (BBM) serta mengemudi dalam batas kecepatan yang telah ditentukan.

Baca juga: Segini Saldo E-Toll yang Wajib Disiapkan Bila Melalui Tol Cipali

Disarankan pula pengguna jalan untuk menyiapkan 2 pengemudi untuk bergantian saat berkendara untuk mengantisipasi apabila terjadi kepadatan di rest area dan ketersediaan lahan parkir yang terbatas.

Alternatif lainnya, pengguna jalan bisa keluar di GT terdekat untuk beristirahat, mengisi BBM atau bahkan menikmati wisata kuliner dan hiburan lainnya di sepanjang rute yang dilalui, dibandingkan dengan harus memaksakan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com