Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Mudik Lebaran 2022, Lokasi Pembayaran Tol Cipali akan Dialihkan

Kompas.com - 22/04/2022, 17:51 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi memperlancar lalu lintas selama mudik Lebaran 2022, ASTRA Tol Cipali akan mengalihkan pembayaran tarif Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Pelaksana Harian Anggota BPJT unsur Kementerian PUPR, Mahbullah Nurdin menjelaskan, pembayaran tarif Jalan Tol Cipali yang semula dilakukan di GT Palimanan, nantinya akan dialihkan ke beberapa GT.

“Bagi pengguna jalan yang menuju arah Trans Jawa, pembayaran tarif tol Cipali dapat dilakukan di beberapa GT di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Kanci-Pejagan, Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Jalan Tol Pemalang-Batang, dan Jalan Tol Batang-Semarang,” ujarnya dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (22/4/2022).

Baca juga: Catat, Lokasi Rest Area Sepanjang Rute Tol Jakarta-Semarang

Sementara itu, Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan jika pemudik ingin melakukan perjalanan jauh menuju Semarang dan sekitarnya, bisa melakukan pembayaran tarif tol Cipali di GT Kalingkangkung.

Sebaliknya, untuk pengguna jalan dari arah Trans Jawa yang menuju Jalan Tol Jakarta-Cikampek, tarif Jalan Tol Cipali bisa dibayarkan di GT Cikampek Utama.

“Pengalihan transaksi GT Palimanan ke gerbang berikutnya pada saat pelayanan lajur Lebaran 2022 ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan untuk mempercepat waktu tempuh di jalan tol,” jelas Agung.

Ia menambahkan, penerapan pengalihan transaksi ini akan dilakukan uji coba mulai Jumat (22/4/2022) mulai pukul 06.00 WIB.

Jika lancar dan tidak ada kendala, maka akan mulai diberlakukan pada Senin (25/4/2022), saat masyarakat mulai melakukan mudik.

Baca juga: Ingat, Tol Japek II Selatan Beroperasi Fungsional Khusus untuk Kendaraan Golongan I

Untuk diketahui, Jalan Tol Cipali menghubungkan daerah Cikipo di Purwakarta, Jawa Tengah dengan dearah Paliaman di Cirebon, Jawa Barat. 

Tol yang memiliki panjang 116 KM ini akan melewati beberapa kota yakni  Purawkarta, Subang, Majalengka, Indramayu dan Cirebon. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com