Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-6 Lebaran, 3.500 Kendaraan Masuk ke Kabupaten Boyolali

Kompas.com - 26/04/2022, 18:50 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 3.500 kendaraan melintasi pintu keluar tol di Mojosongo dan masuk Kabupaten Boyolali pada H-6 Lebaran 2022, Selasa (26/4/2022).

Jumlah kendaraan tersebut berdasarkan pantauan Kepala Pos Pengamanan (Pospam) di pintu keluar Tol Boyolali M Zaini hingga pukul 10.00 WIB.

Jumlah arus kendaraan tersebut meningkat dibandingkan hari-hari sebelumnya yang hanya mencapai 2.500 kendaraan per hari.

Baca juga: H-6 Lebaran, Rest Area KM 57 A Tol Jakarta-Cikampek Masih Lowong

Kendati demikian, arus kendaraan keluar terpantau lancar, normal dan tidak terjadi antrean. Bahkan pada jam-jam tertentu, lalu lintas (lalin) masih sepi.

Adapun prediksi puncak arus mudik Lebaran 2022 akan terjadi mulai H-4 Lebaran atau pada tanggal Rabu (28/4/2022) mendatang.

Sementara itu, sebagian besar arus kendaraan yang masuk ke Boyolali bernomor polisi Solo Raya, Jakarta, Bandung, Banteng dan Semarang.

Kendaraan juga didominasi oleh mobil pribadi dan kendaraan truk yang diperkirakan membawa bahan-bahan kebutuhan pokok masyarakat untuk persiapan Lebaran.

Selain itu, untuk menghindari kemacetan kendaraan, pemerintah mengimbau para pemudik untuk melakukan perjalanan lebih awal.

Pengemudi juga disarankan untuk beristirahat di rest area Pospam Lebaran Pintu Keluar Tol Boyolali yang tersedia jika merasa kelelahan sekaligus mengecek kondisi kesehatan.

“Kami menyiapkan pelayanan kesehatan serta rest area. Bagi para pemudik yang merasa kelelahan untuk istirahat di rest area,” ungkap Zaini seperti dikutip dari Antara. 

Baca juga: Hindari Rest Area Pertama dan Kedua di Jalan Tol saat Mudik!

Sebagai informasi, gabungan TNI, Polri dan Pemda Boyolali masih melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) di Pospam pintu keluar Tol Boyolali.

Selain itu, kegiatan juga dilakukan di rest area tol KM 487 A, KM 487 B, pintu keluar tol bandara di Ngemplak, pertigaan Bangak, Ampel dan Pos Pelayanan di simpang tiga Tugu Susu Tumpah Kota Boyolali.

Sedangkan Operasi Ketupat Candi 2022 baru akan dimulai pada tanggal 28 April sampai dengan 9 Mei 2022 mendatang.

Penulis : Bambang Dwi Marwoto

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com