Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal I, PP Raih Kontrak Baru Rp 3,1 Triliun

Kompas.com - 06/04/2022, 15:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang Kuartal I 2022, PT PP (Persero) Tbk mengantongi kontrak baru sebesar Rp 3,1 triliun.

Direktur Utama PP Novel Arsyad mengatakan hal ini saat konferensi pers usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2021 di Jakarta, Selasa (6/4/2022).

"Kinerja Triwulan I ini, saat ini pencapaiannya Rp 3,1 triliun. Kemudian, Triwulan II sudah menyasar penambahannya mungkin bisa mencapai plus minus Rp 10 triliun-Rp 12 triliun," tegas Novel.

Dengan begitu, pada Kuartal II tahun ini, PP menargetkan dapat meraup kontrak baru sejumlah Rp 15 triliun-Rp 16 triliun.

Perseroan saat ini masih mengandalkan infrastruktur darat dan air yang diperoleh dari sejumlah kementerian seperti Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) maupun Kementerian Perhubungan (Kemenhub), maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Baca juga: Pastikan Terlibat Proyek di IKN Nusantara, PP Bentuk Tim Khusus

Namun demikian, perolehan kontrak baru perseroan tidak hanya berasal dari infrastruktur darat maupun air, melainkan gedung maupun engineering, procurement, and construction (EPC).

Terlibat proyek IKN

Novel memastikan, PP akan terlibat dalam pembangunan proyek infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Untuk membuktikan keseriusan dalam proyek di IKN, perseroan telah membentuk tim khusus yang berfokus pada hal tersebut.

"Jadi, tim inilah yang nanti selalu berjalan, langsung report (laporkan) ke direksi terkait progres dan proses-proses tender (lelang) yang akan ada di IKN," jelas Novel.

Jika tidak ada perubahan, beberapa proyek di IKN akan mulai dilelang pada tahun ini. Namun, soal nilainya, Novel enggan menyebutkannya.

Hal ini karena, nilai proyek tersebut harus disesuaikan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang ada.

"Dan itu pun dalam hal ini kita juga melihatnya nanti proses kerjanya seperti apa nanti bisa bicara barangkali setelah Lebaran nanti," pungkas Novel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com