Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Desa di Sungai Menang Segera Dialiri Listrik, Ini Daftarnya

Kompas.com - 10/03/2022, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tujuh desa di kawasan pesisir Sungai Menang, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan segera dialiri listrik.

Manager PT PLN (Persero) Unit Pelaksanaan Proyek Ketenagalistrikan Sumsel Ramdani Agustiansyah mengatakan, pihaknya sedang melakukan survei penarikan jaringan tengah menengah (JTM) dari Simpang Sekuin menuju tujuh desa terkait.

“Kami bekerja sama dengan Dinas ESDM Provinsi Sumsel dan Camat Sungai Menang melakukan survei. Mudah-mudahan tujuh desa ini tak lama lagi sudah dialiri listrik,” kata Ramdani, dilansir dari Antara, Kamis (10/3/2022).

Adapun penyambungan listrik ini bertujuan untuk mencapai target rasio elektrifikasi sebesar 100 persen di Sumsel pada 2023.

Untuk tahapannya akan diawali dengan survei kelayakan pemasangan tiang melalui kanal-kanal yang dibangun perusahaan.

Baca juga: Sukseskan KTT G20, PLN Operasikan Saluran Kabel Tanah di Labuan Bajo

Sedangkan sebelumnya PLN diketahui telah berhasil mengaliri listrik Desa Bumi Pratama Mandira di Kecamatan Sungai Menang pada tahun 2021 setelah PLN menarik jaringan transmisi dari Gardu Induk Dipasena wilayah Lampung.

Jaringan listrik yang berhasil diselesaikan kala itu adalah sepanjang 20 kilometer sirkuit (kms) dan empat unit tower Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) yang menyebrangi Sungai Menang selebar 549 meter dari Kabupaten Mesuji dengan total investasi Rp 13,3 miliar.

Camat Sungai Menang Sawal Harahap mengatakan, dari 18 desa di kecamatan tersebut, masih tersisa 11 desa yang belum teraliri listrik dan sebagian besar berada di perairan.

“Hari ini, kami bersama PLN menyurvei penarikan jaringan untuk menuju tujuh desa dulu. Untuk desa yang belum tercakup akan diupayakan melalui jaringan listrik komunal,” ujar Sawal.

Untuk diketahui, ketujuh desa yang dimaksud telah menjadi prioritas jaringan listrik desa (lisdes) pada tahun 2022. Berikut daftarnya:

Baca juga: Gelaran MotoGP 2022 Didukung Pasokan Listrik dari Genset Mobile

  1. Desa Gajah Mati,
  2. Desa Gajah Mukti,
  3. Desa Gajah Mulya,
  4. Desa Gajah Makmur,
  5. Desa Sungai Gading,
  6. Desa Gading Mas, dan
  7. Desa Gading Jaya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com